PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI KEMUNGKINAN TAMU HOMESTAY MENGULANGI KEDATANGANNYA (Study Kasus Homestay di Tawangmanggu Kab Karanganyar)

Abstract

Homestay adalah salah satu usaha yang bergerak dibidang jasa sewa, baik kamar atau rumah untuk penginapan. Tawangmanggu, kabupaten karanganyar adalah salah satu destinasi wisata di Eks Karisidenan Surakarta, yang cukup terkenal, olehbsebab itu banyak masyarakat di sekitas tempat wisata tersebut menyediakan penginapan bagi wisatawan dan salah satunya adalah Homestay. Hal tersebut tentu menimbulkan persaingan usaha antar Homestay dan penginapanlain. Data mining dimaksudkan untuk memberikan solusi bagi para pengambil keputusan di dunia bisnis untuk mengembangkan bisnis mereka. Untuk itu penulis tertarik mengangkat permasalahan ini kedalam penelian dengan judul “Perancangan Sistem Informasi Aplikasi Data Mining Untuk Memprediksi Kemungkinan Tamu Homestay Mengulangi Kedatangannya “, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dimana homestay yang paling banyak diminati konsumen untuk disewa, sehingga pemilik homestaypun dapat memprediksi kemungkinan tamu mereka mengulangi kedatangannya pada homestay tersebut untuk menginap. Manfaatnya mempermudah analisis data yang besar dan membantu memberikan informasi pengolahan data tamu homestay yang mengulangi datang menginap. Dan salah satu metode yang terdapat dalam data mining yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Clustering (Pengelompokkan). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah rancangan aplikasi yang pada tahap penelitian selanjutnya dibangun guna membantu usaha bisnis homestay ditawangmanggu sebagai gambaran dalam pengambilan keputusan peningkatan infrastruktur, industrialisasi, dan inovasi yang berkelanjutan di homestay guna mendapatkan pola kedatangan tamu yang mengulang menginap.

Kata kunci: Data mining, Prediksi, Aplikasi, Pohon keputusan, Homestay

Author Biography

maria atik sunarti ekowati, Universitas Kristen Surakarta
Fakultas Teknik Prodi Teknik Informatika Universitas Kristen Surakarta
Published
2018-11-24
How to Cite
ekowati, maria atik sunarti and Umbulolo, E. (2018) “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI APLIKASI DATA MINING UNTUK MEMPREDIKSI KEMUNGKINAN TAMU HOMESTAY MENGULANGI KEDATANGANNYA (Study Kasus Homestay di Tawangmanggu Kab Karanganyar)”, ReTII. Available at: //journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/870 (Accessed: 22June2024).