Mengembangkan Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva
Abstract
Perkembangan teknologi yang semakin pesat, menuntut para guru untuk pandai memanfaatkan teknologi. Metode mengajar yang atraktif dengan memanfaatkan teknologi yang ada akan semakin diminati oleh siswa sehingga memaksimalkan hasil belajar. Pelaksanaannya penggunaan teknologi sebagai fasilitas dalam mengembangkan pembelajaran masih belum dioptimalkan oleh para guru/pengajar. Seperti, penggunaan aplikasi Canva untuk pembuatan media pembelajaran. Pengabdian ini bertujuan untuk melatih peserta dalam menguasai aplikasi Canva dan melatih peserta membuat media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Canva. Pengabdian ini menggunakan metode penyuluhan, pelatihan dan pendampingan semua guru SD Muhammadiyah Beji Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan hari pertama dilaksanakan di SD Muhammadiyah Bogor dan kegiatan hari kedua bertempat di SD Muhammadiyah Beji. Pelaksanaan kegiatan hari pertama yaitu pemberian materi terkait LKPD (Lembar Kinerja Peserta Didik) sebagai salah satu manifestasi media pembelajaran dan pengenalan aplikasi Canva. Pelaksanaan kegiatan hari kedua peserta sudah menyusun media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan terjadi peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Melalui kegiatan pengabdian yang dilakukan guru lebih memahami pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa dan guru termotivasi membuat media pembelajaran yang atraktif dan menarik tanpa menghilangkan konten pembelajaran menggunakan aplikasi desain.
References
[2] A. ibrahim muhammad yusuf. Sudarismiati, “Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian,†Pengabdian, vol. 2, no. 1, pp. 1–11, 2018.
[3] S. Sunarti, “PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN,†E-Amal J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 15, no. 1, 2022.
[4] W. Musytaan, W. A. S. N. Z. Ramadhan, F. M. Ravi, S. P. Hentihu, and A. Apriani, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru SD Muhammadiyah Beji dan Bogor Playen Gunung Kidul,†in Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2021, vol. 000, no. August, pp. 1601–1606.
[5] Setyorini, H. Agustino, S. Hidayatullah, and I. K. Rachmawati, “Pelatihan Komputer Desain Canva Bagi Anak Remaja Di Desa Mojosari Kepanjen Malang,†E-Amal J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 02, no. 01, pp. 793–798, 2022.
[6] K. N. Isnaini, D. F. Sulistiyani, and Z. R. K. Putri, “Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva,†SELAPARANG J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 5, no. 1, p. 291, 2021, doi: 10.31764/jpmb.v5i1.6434.
[7] Ani, Sumargiyani, and I. T. R. Yanto, “Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran Bagi Guru SD Muhammadiyah Beji dan Bogor Playen Gunung Kidul Ani,†in Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 2021, vol. 000, no. Oktober, pp. 7–14.
[8] M. Monoarfa and A. Haling, “Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru,†Semin. Nas. Has. Pengabdi. 2021, pp. 1085–1092, 2021.
[9] R. Y. Rusdiana, W. K. Putri, and V. K. Sari, “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Canva bagi Guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso,†Pengabdi. Magister Pendidik. IPA, vol. 4, no. 3, pp. 209–213, 2021.
[10] N. Nurhayati, M. Vianty, M. L. Nisphi, and D. E. Sari, “Pelatihan dan Pendampingan Desain dan Produksi Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Canva for Educationbagi Guru Bahasa di Kota Palembang,†Din. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 6, no. 1, pp. 171–180, 2022.
[11] I. Mulyawati, N. W. Arini, and L. Polina, “Pelatihan Media Pembelajaran Canva Dan Padlet Bagi Guru Sd Di,†SELAPARANG. J. Pengabdi. Masy. Berkemajuan, vol. 6, no. 1, pp. 170–174, 2022.
[12] S. Resmini’, I. Satriani, and M. Rafi, “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar dalam Pembelajaran Bahasa Inggris,†Abdimas Sliwangi, vol. 04, no. 02, pp. 335–343, 2021, [Online]. Available: https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/6859/2593.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.