Model Matematika untuk Usaha Kecil Menengah Saat Pandemi COVID-19 di Kabupaten Kulon Progo
Abstract
Salah satu sektor utama yang memegang peranan penting di Kabupaten Kulon Progo adalah sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Di wilayah ini, tercatat ada 159 UKM yang mengemban peran penting dalam perekonomian lokal. Saat pandemi COVID-19 melanda, UKM-UKM ini menunjukkan kerentanannya terhadap perubahan ekonomi yang tak terduga. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah model matematika yang dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan UKM selama masa pandemi. Penelitian ini menerapkan metode regresi linier, analisis korelasi, dan strategi pengelompokan (clustering) untuk memahami dampak faktor-faktor yang berkontribusi pada perkembangan UKM. Penelitian ini menggunakan Data primer omset dan pengembangan aset, manusia-mesin-pasar, lokasi dan kondisi UKM serta data sekunder diperoleh melalui survei institusi yang meliputi data kebijakan, infrastruktur daerah untuk kegiatan UKM, serta kondisi eksternal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama masa pandemi, UKM di Kulon Progo mengalami penurunan produktivitas dan aktivitas yang berdampak pada pendapatan. Hasil regresi Y = -42.581.486 + 9717.983 x1 + 4.075.092 x2 + 8.481.358 x3 dengan x1 menunjukkan jumlah jam kerja, x2 jumlah pelanggan, dan x3 lama usaha. Analisis karakteristik UKM di Kulon Progo yang telah dikelompokkan menunjukkan bahwa setiap kelompok memerlukan pendekatan pemasaran yang unik untuk bertahan dalam kondisi yang tidak stabil ini.
References
Berbasis Kaizen,†Optimasi Sist. Ind. J., vol. 2, no. 13, 2014.
[2] J. M. Hafsah, “Kemitraan Usaha†Konsep dan Strategi, vol. 1. Pustaka Sinar Harapan, 2000.
[3] S. Hanoatubun, “Dampak COvid-19 terhadap Perekonomian Indonesia,†J. Educ. Psychol. Couns.,
vol. 2 Nomor 1, pp. 146–153, 2020.
[4] S. Hadi, “Pengurangan Risiko Pandemi Covid-19 Secara Partisipatif : Suatu Tinjauan Ketahanan
Nasional terhadap Bencana Pengurangan Risiko Pandemik Covid-19 Secara Partisipatif : Suatu Tinjauan Ketahanan Nasional terhadap Bencana,†Indones. J. Dev. Plan., vol. IV, no. 2, pp. 177–190, 2020.
[5] Kemenkes, “Peta Sebaran,†Https://Covid19.Go.Id/Peta-Sebaran, 2020. https://covid19.go.id/peta-
sebaran
[6] E. Fuska Sani, “Dampak Covid-19, Pendapatan IKM di DIY Turun 80%,â€
https://www.beritasatu.com/nasional/655435/dampak-covid19-pendapatan-IKM-di- diy-turun-80,
2021. https://www.beritasatu.com/nasional/655435/dampak-covid19-pendapatan-IKM-di- diy-turun-
80
[7] E. Sarmigi, “Analisis Pengaruh Covid-19 terhadap Perkembangan UKM di Kabupaten Kerinci,†Al-
Dzahab, vol. 1, no. 1, pp. 1–17, 2020.
[8] D. P. dan P. Kabupaten Kulon Progo, “Data Industri Kecil dan Menengah Kabupaten Kulon Progo.â€
2020.
[9] I. E.Widyanti, “Pengaruh Strategi Pemasaran Online Dengan Aplikasi Gojek,†vol. 8, no. 1, pp. 80–
95, 2021.
[10] S. N. Dewi and T. Nuzuli, “Peran Prmotional Mix sebagai Variabel Moderasi Orientasi Pelanggan
dan Orientasi Pesaing terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Empiris pada UKM Rumah Makan di
Kabupaten Sragen),†Ekuilibrium, vol. 12, no. 2, pp. 140–152, 2017.
[11] E. Kurniawati, A. Santoso, and S. Y. Widowati, “Pelatihan Pemasaran Online Bagi Kelompok Usaha
Bersama (KUB) “SRIKANDI",†JIPEMAS J. Inov. Has. Pengabdi. Masy., vol. 2, no. 2, p. 132, 2019,
doi: 10.33474/jipemas.v2i2.2722.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.