Kajian Penataan Reklame di Koridor Jalan Affandi Yogyakarta

  • Dwi Kunto Nurkukuh Program Studi Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota Institut Teknologi Nasional Yogyakarta Indonesia

Abstrak

Reklame memenuhi ruang-ruang publik di Kota Yogyakarta. Dapat dilihat salah satu fenomena reklame di Jalan Affandi. Jalan Affandi merupakan kawasan pendidikan dan perdagangan yang berpotensi muncul banyaknya reklame di trotoar jalan. Penelitian ini bertujuan mengkaji penataan reklame di koridor Jalan Affandi. Penilaian penataan reklame berdasar kriteria: keindahan, keselematan, kenyamanan, dan efektivitas. Ruang lingkup dibagi menjadi empat segmen jalan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan observasi. Dari rekapitulasi hasil kuesioner menunjukkan bahwa penataan yang baik ada di segmen tiga yaitu sepanjang area timur UNY dan barat Universitas Sanata Dharma. Keberhasilan penataan pada segmen tiga didukung dengan adanya larangan peletakkan reklame di area tersebut. Sedangkan ketiga segmen lainnya masih terdapat kriteria yang belum terpenuhi

Diterbitkan
2019-11-04