Kajian Penataan Reklame di Koridor Jalan Affandi Yogyakarta
Abstrak
Reklame memenuhi ruang-ruang publik di Kota Yogyakarta. Dapat dilihat salah satu fenomena reklame di Jalan Affandi. Jalan Affandi merupakan kawasan pendidikan dan perdagangan yang berpotensi muncul banyaknya reklame di trotoar jalan. Penelitian ini bertujuan mengkaji penataan reklame di koridor Jalan Affandi. Penilaian penataan reklame berdasar kriteria: keindahan, keselematan, kenyamanan, dan efektivitas. Ruang lingkup dibagi menjadi empat segmen jalan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan observasi. Dari rekapitulasi hasil kuesioner menunjukkan bahwa penataan yang baik ada di segmen tiga yaitu sepanjang area timur UNY dan barat Universitas Sanata Dharma. Keberhasilan penataan pada segmen tiga didukung dengan adanya larangan peletakkan reklame di area tersebut. Sedangkan ketiga segmen lainnya masih terdapat kriteria yang belum terpenuhi
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.