Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Layanan Streaming Musik di Indonesia

  • doddy ridwandono UPN "Veteran" Jatim

Abstrak

JOOX adalah aplikasi yang menyediakan layanan streaming musik. Di Indonesia, Joox berada pada posisi pertama di Google Play dan Apple Store untuk kategori music dan audio. Didasarkan atas hal tersebut penting untuk diketahui faktor-faktor yang mendukung penerimaan dari layanan Joox. Untuk mengungkap hal tersebut, Technology Acceptance Model (TAM) digunakan dalam penelitian ini. Data diperoleh dari 400 pengguna layanan Joox yang mengisi kuisioner secara online. Data yang didapat kemudian diolah dan dianalisis dengan menggunakan software WarpPLS 6.0.

Hasil dari penelitian mengungkap bahwa: 1). Perceived of usefulness menjadi faktor yang mempengaruhi perceived satisfaction, 2). perceived ease of use menjadi faktor yang mempengaruhi perceived satisfaction, 3). perceived satisfaction menjadi faktor yang mempengaruhi perceived enjoyment, 4). perceived ease of use menjadi faktor yang mempengaruhi perceived of usefulness, 5). perceived ease of use menjadi faktor yang mempengaruhi perceived enjoyment, 6). perceived usefulness, perceived ease of, perceived enjoyment menjadi faktor yang mempengaruhi behavioral intention. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh, penelitian ini berkontribusi dalam mengungkap faktor-faktor yang berpengaruh dalam penerimaan teknologi, khususnya dalam ruang lingkup layanan streaming musik. Diskusi serta saran untuk penelitian lebih lanjut dibahas pada bagian akhir.

Diterbitkan
2019-11-04