BAHASA POLA PERGERAKAN ANGKUTAN BARANG KABUPATEN KLATEN

POLA PERGERAKAN ANGKUTAN BARANG KABUPATEN KLATEN

  • herna pujiastutik Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstrak

Kabupaten Klaten merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang diapit oleh dua wilayah yang memiliki pergerakan lalulintas yang cukup besar, karena memiliki pusat pertambangan pasir yang terletak di Kecamatan Kemalang dan beberapa pabrik di daerah Ceper dan Kemudo. Dimana pabrik-pabrik tersebut untuk mengangkut barang produksinya menjadi suatu sistem mobilisasi suatu sistem transportasi perjalanan angkutan barang yang cukup besar sebagai pemenuhan mobilitas atau perindustrian tersebut. Dalam penentuan kebijakan ada beberapa data yang dibutuhkan, seperti data pergerakan lalulintas. Data tersebut digunakan sebagai bahan analisis untuk merumuskan kebijakan-kebijakan transportasi di berbagai wilayah dalam usaha memfasilitasi demand pergerakan barang. Kebijakan-kebijakan transportasi tadi digunakan untuk memperbaiki perangkat transportasi sebagai bentuk intervensi dari sisi supply pada jaringan jalan. Karena belum ada rekapan pergerakan angkutan barang di Kabupaten Klaten sebagai alat bantu penentuan kebijakan oleh Pemerintah setempat dalam penentuan beberapa kebijakan, maka diperlukan analisa pergerakan lalulintas angkutan barang Kabupaten Klaten.

Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan pendekatan Analisis Data Sekunder (ADS). ADS merupakan suatu metode dengan memanfaatkan data sekunder sebagai sumber data utama. Memanfaatkan data sekunder yang dimaksud yaitu dengan menggunakan sebuah uji statistik yang sesuai untuk mendapatkan informasi yang diinginkan dari tubuh materi atau dari data yang sudah matang yang diperoleh dari Instansi atau Lembaga (seperti BPS, Departemen atau Lembaga Pendidikan) tertentu untuk kemudian diolah secara sistematis dan objektif. Data Sekunder yang digunakan dalam Penelitian ini adalah data survei yang telah dilakukan oleh Kementrian Perhubungan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan Survei Asal Tujuan Transportasi Barang pada tahun 2018.

Volume pergerakan angkutan barang dari Kabupaten Klaten ke Kabupaten-Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah 589.411 ton/bulan dan dari Kabupaten-Kabupaten di Jawa Tengah ke Kabupaten Klaten adalah 520.554 ton/bulan. Pola Pergerakan Angkutan Barang ke Kabupaten Klaten dari Kabupaten di Jawa Tengah paling besar adalah ke Kabupaten Sragen, Boyolali, Wonogiri,  Sukoharjo, dan disusul Kabupaten lainya. Unuk pola pergerakan Angkutan Barang dari Kabupaten Klaten ke Kabupaten di Jawa Tengah paling besar adalah Kabupaten Sukoharjo, Boyolali, Magelang dan Surakarta dan disusul Kabupaten lainya.

Kata Kunci : Angkutan Barang, Kabupaten Klaten, Pola Pergerakan

Referensi

[1] Astutik, Herna Puji. 2020. Pergerakan Distribusi Matrik Asal Tujuan Transportasi Barang Internal Di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Kacapuri Jurnal Keilmuan Teknik Sipil Volume 3 Nomor 2 Edisi Desember 2020.
[2] Dishub Klaten. 2018. Angkutan Barang Galian GolonganC di wilayah Kab. Klaten
[3] https://attn-barang.dephub.go.id/, diakses 23 Juli 2020 pukul 12.50 WIB
[4] Kumaat, Meike. 2013. Analisis Bangkitan Dan Tarikan Pergerakan Penduduk Berdasarkan Data Matriks Asal Tujuan Kota Manado. Jurnal Tekno Sipil / Volume 11 / No.58 / April 2013
[5] Menhub. 2015. Keputusan Menteri Perhubungan KM 71 tahun 2005 tentang Pengangkutan Barang/Muatan antar Pelabuhan Laut di dalam Negeri.
[6] Menhub. 2015. Keputusan Menteri Perhubungan KM 71 tahun 2005 tentang Pengangkutan Barang/Muatan antar Pelabuhan Laut di dalam Negeri.
[7] Menhub. 2018. Survei Asal Tujuan Transportasi Barang. Kementrian Perhubungan Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan.
[8] Perdana, Yandra Rahadian., Soemardjito, Joewono. (2016). Analisis Asal Tujuan Komoditi Utama Antar Wilayah Pulau Jawa, Kalimantan, Dan Nusa Tenggara Timur. Jurnal Penelitian Transportasi Multimoda Volume 14/No. 01/Maret/2016
[9] Petyasari, Ariesta Dianti, 2014, Identifikasi Pola Pergerakan Angkutan Barang Masuk Dan Keluar Kawasan Industri Pulogadung. FALTL – Usakti. Universitas Trisakti
[10] Tamin, O.Z. (1997). “Perencanaan dan Pemodelan Transportasi”, Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung.
[11] Tonny, Judiantno. 2012. Analisis Pola Dan Estimasi Pergerakan Barang Sebagai Pertimbangan Prioritas Pembangunan Jalan Di Kabupaten Bengkalis - Provinsi Riau. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, Vol.11 No.2
Diterbitkan
2021-11-09