ANALISIS SISTEM ANTRIAN PELAYANAN TELLER BANK PADA AKTIVITAS NASABAH DENGAN MENGGUNAKAN SIMULASI (STUDI KASUS BANK “XYZ“)
Abstrak
Â
Abstrak
Antrian merupakan permasalahan yang selalu ditemui pada pelayanan jasa saat jumlah pelanggan lebih besar dari kapasitas pelayanan yang tersedia. Dalam suatu fasilitas layanan terdapat aktivitas menunggu yang selalu terjadi dan bersifat acak. Bank merupakan salah satu tempat yang sering terjadi antrian. Penelitian ini mencoba memodelkan permasalahan antrian pada aktivitas transaksi nasabah Bank “XYZ†ke dalam model simulasi. Usulan skenario pengembangan model simulasi dari model skenario awal yang menggunakan 2 petugas teller, yaitu dengan menambah 1 petugas teller sehingga menjadi 3 petugas teller, dan menambah 2 petugas teller sehingga menjadi 4 petugas teller. Dari beberapa usulan skenario pengembangan, skenario ke-2 bisa diusulkan sebagai alternatif perbaikan dimana dengan penambahan 1 petugas teller sehingga menjadi 3 petugas teller terjadi penurunan jumlah antrian sebesar 98,89%, selain itu terjadi pula penurunan waktu tunggu sebesar 93,81% dan terjadi peningkatan jumlah output dari skenario awal sebesar 5,84%.
Â
Kata Kunci: Antrian, Simulasi, Skenario
Referensi
Kakiay, T.J., (2003), Pengantar Sistem Simulasi, Andi, Yogyakarta.
Kakiay, T.J., (2004), Dasar Teori Antrian Untuk Kehidupan Nyata, Andi, Yogyakarta.
Mananoma, T. & Soetopo, W.,(2008) Pemodelan Sebagai Sarana Dalam Mencapai Solusi Optimal. Teknik Sipil, vol. 8, No. 3, hh. 184-192.
Nasution, A.H., (2005), Manajemen Industri, Andi, Yogyakarta.
Siswanto, (2007), Operation Research Jilid 2, Erlangga, Jakarta.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.