Pengujian Efisiensi Energi Motor BLDC 72 Volt – 7kW untuk Aplikasi Model Electric Urban Car
Abstrak
Â
Abstrak
Perkembangan   IPTEK   tidah   pernah   melupakan   bagaimana   model   transportasi   yang
mempertimbangkan  green  car  and  zero  emition,  salah  satunya  adalah  kendaraan  listrik. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sebenrnya telah dimulai tahun 1900-an, namun tergerus oleh kepentingan akan transportasi jarak jauh dan efisiensi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membutuhkan teknologi baru yang ramah lngkungan dengan tingkat efisiensi yang baik. Mobil listrik dikembangkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Pada penelitian ini akan digunakan motor  BLCD  untuk  penggerak  model  electric  urban  car.  Tujuan  penelitian  ini  adalah mengaplikasikan motor BLDC 72Volt-7kW dengan kontroler KBL72401E untuk mengetahui tingkat efisiensi energi motor BLDC. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengujian motor BLDC. Bersadarkan hasil pengujian diperoleh data tingkat efisiensi energi motor BLDC yaitu 12,6 % untuk nilai minimal dan 82,4 % untuk nilai maksimal. Efisiensi ini diperoleh berdasarkan pengukuran input power dan output yang dihasilkan oleh motor. Tingkat Efisiensi dari motor listrik semakin meningkat saat konsumsi arus semakin meningkat, tingkat efisiensi maksimal mecapai 82,4%.
Â
Kata Kunci: BLDC 72 V-7kW, KBL72401E, efisiensi energi, electric urban car
Referensi
INL, The History of Electrical, Idaho
National Laboratory, on line www.inl.org, [17 Oktober 2014].
VEVA, A Brief history of Electric Vehicle, on line www.veva.ca, [17 Oktober 2014].
US Dept of Energi, The history of Elecrical Cars, on line www.energi.gov, [17 Oktober 2014].
EAA, Electric Vehicle History, Electric Auto Association, on line www.eaaev.org, [17 Oktober 2014].
Perdana Wahyu, Inilah Perkembangan
Mobil Listrik Nasional, on line www.inilah.com, [8 Oktober 2014].
Stalony Veby, Aplikasi Brushless DC Motor pada Industri, on line www.acanemia.edu, [8 Oktober 2014].
Appleyard M., 1992, Electric Vehicle Drive
System, Journal of Power Sources, 37(1-2),
-200.
Faiz J. et al., (1994). Simulating and Analisis of Brushless DC Motor Drivers Using hysteresis, Rump Comparion and Predictive Current Control Techniques, Simulation Practice and Theory, International Journal of the Practice and Theory, Federation of European Simulation Societies, Elsevier, 3, 647-636.
Qiangpin, W., Wenchao, T., (2012). Design of Permanen Magnet Brushless DC Motor ControlSystem Based on ds PIC30F4012, Procedia Engineering, 29, 4223-4227.
Akiosaki, S., Ogawa, H., Nakajima, M., (2001). Development of an ultra-thin DC brushless motor for a Hybrid Car, JSAE
Review, 22(3), 287-292.
Chanpeng, W., Hachanont, P., (2014). Design of Efficient In-Wheel Motor for Electric Vehicle, Energi Procedia, 56, 525-
Janpan, I., Chaisricharoen, R., Boonyanant, P., (2012), Control of the Brushless DC Motor in Combine Mode, Procedia
Engineering, 32, 279-285.
Purwadi, A., Dozeno, J., Heryana, N., (2013), Testing Performance of 10 kW BLDC Motor and LiFePO4 Battery on ITB-
Electric Car Prototype, Procedia
Tecnologi, 11, 1074-1082.
Schwickart T., Voos, H., Hadji, J.R., Darouach., M., Rosich, A., (2014). Design and Simulation of a Real-time Implementable Energi-efficient Model- Predictive Cruise Controller for Electric Vehicle, Journal of the Franklin Institute,
(2), 603-625.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.