Pengujian Efisiensi Energi Motor BLDC 72 Volt – 7kW untuk Aplikasi Model Electric Urban Car

  • M. Beny Dwifa Laboratorium Komputasi dan Otomasi, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponogoro
  • M Munadi Laboratorium Komputasi dan Otomasi, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponogoro

Abstrak

 

Abstrak

Perkembangan    IPTEK    tidah    pernah    melupakan    bagaimana    model    transportasi    yang

mempertimbangkan   green   car   and   zero   emition,   salah   satunya   adalah   kendaraan   listrik. Perkembangan teknologi kendaraan listrik sebenrnya telah dimulai tahun 1900-an, namun tergerus oleh kepentingan akan transportasi jarak jauh dan efisiensi. Perkembangan teknologi yang semakin pesat membutuhkan teknologi baru yang ramah lngkungan dengan tingkat efisiensi yang baik. Mobil listrik dikembangkan untuk menjawab permasalahan tersebut. Pada penelitian ini akan digunakan motor   BLCD   untuk   penggerak   model   electric   urban   car.   Tujuan   penelitian   ini   adalah mengaplikasikan motor BLDC 72Volt-7kW dengan kontroler KBL72401E untuk mengetahui tingkat efisiensi energi motor BLDC. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengujian motor BLDC. Bersadarkan hasil pengujian diperoleh data tingkat efisiensi energi motor BLDC yaitu 12,6 % untuk nilai minimal dan 82,4 % untuk nilai maksimal. Efisiensi ini diperoleh berdasarkan pengukuran input power dan output yang dihasilkan oleh motor. Tingkat Efisiensi dari motor listrik semakin meningkat saat konsumsi arus semakin meningkat, tingkat efisiensi maksimal mecapai 82,4%.

 

Kata Kunci: BLDC 72 V-7kW, KBL72401E, efisiensi energi, electric urban car

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Laboratorium Komputasi dan Otomasi, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponogoro
##submission.authorWithAffiliation##
Laboratorium Komputasi dan Otomasi, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Diponogoro

Referensi

INL, The History of Electrical, Idaho

National Laboratory, on line www.inl.org, [17 Oktober 2014].

VEVA, A Brief history of Electric Vehicle, on line www.veva.ca, [17 Oktober 2014].

US Dept of Energi, The history of Elecrical Cars, on line www.energi.gov, [17 Oktober 2014].

EAA, Electric Vehicle History, Electric Auto Association, on line www.eaaev.org, [17 Oktober 2014].

Perdana Wahyu, Inilah Perkembangan

Mobil Listrik Nasional, on line www.inilah.com, [8 Oktober 2014].

Stalony Veby, Aplikasi Brushless DC Motor pada Industri, on line www.acanemia.edu, [8 Oktober 2014].

Appleyard M., 1992, Electric Vehicle Drive

System, Journal of Power Sources, 37(1-2),

-200.

Faiz J. et al., (1994). Simulating and Analisis of Brushless DC Motor Drivers Using hysteresis, Rump Comparion and Predictive Current Control Techniques, Simulation Practice and Theory, International Journal of the Practice and Theory, Federation of European Simulation Societies, Elsevier, 3, 647-636.

Qiangpin, W., Wenchao, T., (2012). Design of Permanen Magnet Brushless DC Motor ControlSystem Based on ds PIC30F4012, Procedia Engineering, 29, 4223-4227.

Akiosaki, S., Ogawa, H., Nakajima, M., (2001). Development of an ultra-thin DC brushless motor for a Hybrid Car, JSAE

Review, 22(3), 287-292.

Chanpeng, W., Hachanont, P., (2014). Design of Efficient In-Wheel Motor for Electric Vehicle, Energi Procedia, 56, 525-

Janpan, I., Chaisricharoen, R., Boonyanant, P., (2012), Control of the Brushless DC Motor in Combine Mode, Procedia

Engineering, 32, 279-285.

Purwadi, A., Dozeno, J., Heryana, N., (2013), Testing Performance of 10 kW BLDC Motor and LiFePO4 Battery on ITB-

Electric Car Prototype, Procedia

Tecnologi, 11, 1074-1082.

Schwickart T., Voos, H., Hadji, J.R., Darouach., M., Rosich, A., (2014). Design and Simulation of a Real-time Implementable Energi-efficient Model- Predictive Cruise Controller for Electric Vehicle, Journal of the Franklin Institute,

(2), 603-625.

Diterbitkan
2017-01-17