STUDI METODE STATIC TERMAL TENSIONING (STT) UNTUK MEMINIMALKAN DISTORSI LAS MIG ALUMINIUM AA5083 DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIFAT MEKANIS

  • M. Leon Habibi Mahasiswa S2 teknik mesin, Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gajah Mada
  • M. N Ilman Dosen Teknik Mesin, Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gajah Mada

Abstrak

 

Abstrak

Aluminium dan paduannya merupakan logam non-ferrous yang banyak digunakan di industri perkapalan karena beberapa alasan, yaitu aluminium merupakan logam ringan, memiliki kekuatan tarik relatif tinggi dan ketahanan terhadap korosi yang baik. Pengelasan pada pelat tipis (3mm) menimbulkan masalah distorsi pada hasil pengelasan. Distorsi akan menyebabkan perubahan dimensi sehingga hasil las tidak presisi dan menurunkan structural integrtity. Static thermal tensioning (STT) merupakan salah satu metode untuk mengurangi distorsi yang terjadi. Pengelasan dilakukan menggunakan las MIG dengan parameter las: kuat arus 100 A, tegangan listrik= 20 Volt dan  kecepatan las 10 m/s dengan  variasi temperatur STT yaitu 100, 200 dan 300 0C. selanjutnya dilakukan pengukuran distorsi dan uji sifat mekanis meliputi pengamatan struktur mikro, kekerasan dan uji tarik. Hasil penelitian menunjukkan temperatur STT 200 0C merupakan temperatur optimal untuk meminimalkan distorsi dan meningkatkan sifat mekanik hasil pengelasan

 

Kata Kunci: Distorsi, structural integrity, teknologi, industri, kapal.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##
Mahasiswa S2 teknik mesin, Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gajah Mada
##submission.authorWithAffiliation##
Dosen Teknik Mesin, Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Gajah Mada

Referensi

Burak,Ya.I., Bisijina, L.P., Romanjuk,Ya.P., Kazimirov, A.A., and Morgun,V.P. , (1977). Controlling the longitudinal plastic shrinkage of metal during welding.Avtom:Svarka,

Feng.Z. (2005). Processes and mechanisms of welding residual stress and distortion. Woodhead Publishing Ltd: England

Guan, Q., Guo, D.L., Cao, Y., Li, C.Q., Shao, Y.C., and Liu, J.D. (1988). Method and apparatus for low stress no-distortion welding of thin-walled structural elements. China

Ilman.M.N, Kusmono, Iswanto.P.T. (2013). Fatigue crack growth rate behaviour of friction-stir aluminium alloy AA2024-T3 welds under transient thermal tensioning. International journal Materials and Design 50 (2013) 235–243

Kou.S. (2003). Welding Metallurgy. John Willey & son: US

Lamaitre.J, Demostrat.R. (2005). Engineering Damage Mechanics. Springer: New York

Mandall.N.R (2005). Aluminium welding. Narosa Publishing House: Kharagpur India

Mathers. G. (2002). The Welding of Aluminium And Its Alloys. Woodhead Publishing Ltd: Cambridge England

Michaleris.P, (2011). Minimization of Welding And Buckling. Woodhead Publishing Ltd: England

Michaleris,P., Tortovelli, D.A., and Vidal, C.A. (1997). Analysis and optimization of weakly coupled thermo-elasto-plastic systems with application to weldment design. Int. J. Num. Meth. Engng

Pazooki.A.M.A., (2014). Distortion Control during welding. Phd Thesis of Delft University of technology: Nedherlands

Takeno, S. (1992). Method for preventing welding distortion of sheet metals. Japanese Patent

Wen.Y.G, Zheng.Z, Hang.Z, Tao.P.(2013). Evolution Micro structure and hardness of aluminium after friction stir procesings. ScienceDirect: China

Winkler.2003. The welding engineerscurrent knowledge. SLV Duisburg: German

Diterbitkan
2017-01-17