SIMULASI ALIRAN INTERNAL PADA PEMIPAAN PERSEGI INLET ENGINE TIGA DIMENSI
Abstrak
Analisis aliran didalam sistem pemipaan Inlet Engine dapat dilakukan dengan metode eksperiment maupun metode komputasional. Penelitian aliran internal merupakan bagian yang cukup penting dalam sistem pemasok udara kedalam ruang bakar mesin kendaraan wahana darat, laut maupun udara. Makalah ini menganalisa aliran internal dari hasil simulasi yang dilakukan pada sistem pemipaan berbentuk huruf S tiga dimensi dengan penampang lintang berupa persegi dengan bilangan Mach di inlet 0.6. Analisis simulasi komputasi dinamika fluida dengan menggunakan software FLUENT. Hasil simulasi menunjukkan aliran internal dalam pemipan mempengaruhi Tekanan Total dan bilangan Mach pada Aerodynamic Interface Plane (AIP) sebelum udara masuk menuju mesin. Â
Â
Kata Kunci: Aliran Internal, Pemipaan bentuk S, kapasitas aliran, Tekanan Total, AIP.
Referensi
Choudhury, D., (1993). Introduction to the Renormalization Group Method and Turbulence Modeling, Fluent Technical Memorandum TM-107, Lebanon.
Fluent Inc, FLUENT, (2006). User's Guide, Centerra Resource Park10 Cavendish Court, Lebanon.
Seddon, J., and Goldsmith, E. L., (1999). Inlet Aerodynamics, BlackwellScience, Boston, MA.
Steven R. Wellbom, Theodore H. Okiishi and Bruce A. Reichert, (1993). A Study of the Compressible FlowThrough a Diffusing S-Duct, NASA TM 106411.
Subagyo, (2013). Fasilitas Uji Terowongan Angin Kecepatan Rendah Indonesia, Jurnal Energi dan Manufaktur, vol. 6 no.1.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.