Pengembangan Intellectual Capital dalam Metode Webqual guna Peningkatan Kualitas Layanan Website

  • Riya Widayanti Universitas Esa Unggul

Abstrak

Website merupakan salah satu alternatif sarana bagi perusahaan untuk memberikan informasi tentang perusahaan kepada public, dalam hal ini pelanggan, pihak ketiga ataupun kepada masyarakat. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang mengambil langkah dalam pembuatan website dan selalu melakukan pembaharuan baik isi maupun estetika tampilan. Saat  ini pengukuran kepuasan layanan website diukur dari sisi pelanggan saja, yang sering dikenal WEBQUAL dimana pengembangan SERQUAL. Namun ada hal yang penting dalam layanan website, yaitu pengetahuan dari internal pengelola aplikasi website di perusahaan sendiri, baik individu dan pengelolanya. Penguatan aspek intellectual capital memperikan pengaruh dalam peningkatan kualitas aplikasi web. Output dari penelitian ini adalah pengembangan  evaluasi kualitas layanan website dari prespektif pengelola, selain dari perpektif pengguna website. Dengan menggunakan model konseptual dengan mengeksplorasi referensi yang terkait dengan evaluasi website.

 

Kata Kunci: evaluasi website, webqual, pengetahuan, website, intellectual capital

Referensi

Abuelrub dkk, A Framework to Assess the quality of web-based, Journal Management System, 2010.

Barnes, S. J.; Vidgen, R, “Measuring Website Quality Improvements: a Case Study of the Forum on Strategic Management Knowledge Exchangeâ€. Industrial Management and Data System 103(5): 297–309.

Becerra-Fernandez, et al. Knowledge Management, 2004 Prentice Hall

Byun, D. H. & Finnie, G., 2011. Evaluating usability, user satisfaction and intention to revisit for succesful e-government websites. Electronic Government, An International Journal, VIII(1), pp. 1-19.

DeLone, W.H., dan McLean, E.R.. Information Systems Success : The Quest for the Dependent Variable. Information Systems Research , 1992, pp. 60-95

Doll, W. J. and Torkzadeh, G. .The Measurement of End-User Computing Satisfaction,. MIS Quarterly (12:2), June 1988, pp. 259-274.

Edvinson, L., Malone, M. S.: Intellectual Capital: Realizing Your Company’s True Value by Finding its Hidden Roots. New York. Harper Collins Publishers. 1997

Iivari, J.. An Empirical Test of the Model of Information System Success, 2005 Database Adv. Inf. Syst. Vol. 36(2): 8–27

Indrajit, E-Commerce: Strategi Bisnis Di Dunia Maya, Fenomena B-Web di dunia Maya, Bunga Rampai Koleksi Klasik, 2000

Jan Jonker, Bartjan J.W. Pennink, Sari Wahyuni.. “Metodologi Penelitian. Panduan Untuk Master Ph.D di bidang Manajemenâ€, Jakarta : Salemba Empat, 2011

Offutt, J, “Quality Attributes of Web Software Applicationsâ€. IEEE SOFTWARE, 3-4, pp. 25-32, 2002

Nielsen, Usability 101:Intriduction to Usability [Online], Diakses di: http://www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability// [4 Jan 2012].

Sveby, K. E, Measuring Intangibles and Intellectual Capital An Emerging First Standard . 1998. Available on: http://www.sveiby.com/articles/EmergingStandard.htm

Diterbitkan
2017-03-06