RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN MARKETING MIX (Studi Kasus PT. XXX Pekanbaru)

  • Tengku Nurainun UIN Sultan Syarif Kasim Riau
  • Yanbro Avta Malva

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran menggunakan Marketing Mix (tempat, promosi, orang terkait, bukti fisik, proses jasa) agar PT. XXX bisa mencapai market leader dalam penjualan produknya di Pekanbaru. Berdasarkan variabel Marketing mix tersebut selanjutnya ditentukan variabel prioritas untuk menentukan rancangan strategi yang akan digunakan dimana penentukan tingkat prioritas dilakukan menggunakan Analitycal Hierarchy Process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang memiliki bobot tertinggi yang menjadi prioritas yaitu, promosi 42%, orang terkait 23%, dan proses jasa 23% dimana berdasarkan prioritas tersebut dirancang strategi pemasaran berdasarkan nilai indeks terbesar dari keinginan konsumen.

 

Kata Kunci: AHP, marketing mix, strategi pemasaran

Referensi

Armeliyanti, Lucky. Penerapan Strategi Marketing Mix Terhadap Perkembangan Produk Umroh Di BMT Anda Salatiga.STAIN, Salatiga. 2012

Elfiantiningsih, Mayasari. Metode AHP Sebagai Pendukung Sistem Pengambilan Keputusan PT. Infomedia Nusantara. Jurnal Universitas Mercu Buana.2007

Hermanto,Andi Wahyu. Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang. 2008

Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta. 1994

Lestari, Dwi. Penerapan strategi Bauran pemasaran (Marketing Mix) Pada PT. Bengawan Abadi Motor. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 2009

Priyatno, Dwi. Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan Spss. Gava Media, Yogyakarta. 2012

Supranto, J. Statistik (Teori dan Aplikasinya). Erlangga, Jakarta. 2011

Teknomo, Kardi, dkk. Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process Dalam Menganalisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Ke Kampus. Universitas Kristen Petra. 1999

William J, Stanton. Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta. 1986

Wisnubroto, Petrus. Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technology Atlas Project Method. AKPRIND Yogyakarta, Yogyakarta. 2011

Diterbitkan
2017-03-07