RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN MENGGUNAKAN METODE AHP DAN MARKETING MIX (Studi Kasus PT. XXX Pekanbaru)
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi pemasaran menggunakan Marketing Mix (tempat, promosi, orang terkait, bukti fisik, proses jasa) agar PT. XXX bisa mencapai market leader dalam penjualan produknya di Pekanbaru. Berdasarkan variabel Marketing mix tersebut selanjutnya ditentukan variabel prioritas untuk menentukan rancangan strategi yang akan digunakan dimana penentukan tingkat prioritas dilakukan menggunakan Analitycal Hierarchy Process. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel-variabel yang memiliki bobot tertinggi yang menjadi prioritas yaitu, promosi 42%, orang terkait 23%, dan proses jasa 23% dimana berdasarkan prioritas tersebut dirancang strategi pemasaran berdasarkan nilai indeks terbesar dari keinginan konsumen.
Â
Kata Kunci: AHP, marketing mix, strategi pemasaran
Referensi
Armeliyanti, Lucky. Penerapan Strategi Marketing Mix Terhadap Perkembangan Produk Umroh Di BMT Anda Salatiga.STAIN, Salatiga. 2012
Elfiantiningsih, Mayasari. Metode AHP Sebagai Pendukung Sistem Pengambilan Keputusan PT. Infomedia Nusantara. Jurnal Universitas Mercu Buana.2007
Hermanto,Andi Wahyu. Analisa Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang. Universitas Diponegoro, Semarang. 2008
Kotler, Philip. Manajemen Pemasaran. Erlangga, Jakarta. 1994
Lestari, Dwi. Penerapan strategi Bauran pemasaran (Marketing Mix) Pada PT. Bengawan Abadi Motor. Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 2009
Priyatno, Dwi. Belajar Praktis Analisis Parametrik dan Non Parametrik dengan Spss. Gava Media, Yogyakarta. 2012
Supranto, J. Statistik (Teori dan Aplikasinya). Erlangga, Jakarta. 2011
Teknomo, Kardi, dkk. Penggunaan Metode Analytic Hierarchy Process Dalam Menganalisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Moda Ke Kampus. Universitas Kristen Petra. 1999
William J, Stanton. Prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta. 1986
Wisnubroto, Petrus. Strategi Pemasaran Guna Meningkatkan Volume Penjualan Dengan Pendekatan Technology Atlas Project Method. AKPRIND Yogyakarta, Yogyakarta. 2011
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.