Jogja Mobile Application Berbasis Augmented Reality Untuk Info Layanan Wisata Budaya
Abstrak
Yogyakarta memiliki potensi pariwisata budaya yang sangat besar, mulai dari warisan leluhur, keindahan alam, peninggalan sejarah, budaya masyarakat, dan tradisinya. Jika potensi ini dapat dioptimalkan, maka akan membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta wilayah lain di sekitarnya. Kegiatan promosi wisata dapat dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Mobile application dipilih sebagai media informasi komunikasi yang mudah dan daya jangkau luas. Dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality, akan memberikan panduan yang ramah bagi wisatawan sehingga bisa dipandu mencapai lokasi yang diinginkan dengan mudah. Yaitu dengan cara mengarahkan camera handphone sesuai arah mata angin, maka akan dimunculkan obyek wisata pada arah mata angin tersebut.
Â
Kata Kunci : augmented reality, mobile application, mata angin
Referensi
Anindito, Kusworo dkk, 2014, Pengembangan Aplikasi Layanan Informasi Wisata Budaya Yogyakarta Berbasis Mobile Web dan Location-Based Service Secara Kolaboratif, Jurnal Buana Informatika, Volume 6, Nomor 1, Januari 2015: 63-72
Arundina, Deptya, 2013, Pusat Informasi Wisata Budaya Jawa di Yogyakarta, http://e-journal.uajy.ac.id/4226/2/1TA12265.pdf, diakses 25 Oktober 2016.
Dramowicz, E, 2004, Three Standard Geocoding Methods, http://www.directionsmag.comarticle.php?article_id=670&trv=1, diakses 10 Februari 2012
Gunawan, 2016, Definisi, Jenis, Fungsi, Sensor, pada Smartphone Android, https://haiwiki.info/teknologi/definisi-jenis-fungsi-sensor/ diakses 28 Oktober 2016.
Hadi, Sony Sulistyo, 2013, Aplikasi Pengenalan Sistem Tata Surya Menggunakan Augmented reality Untuk Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Dian Nuswantoro.
Hardiansyah, Fadilah Fahrul, 2012, Augmented reality Untuk Mengetahui Fasilitas Umum Berbasis Android, https://www.pens.ac.id/uploadta/datata.php, Jurnal EEPIS, Surabaya.
Küpper, A, 2005, Location-Based Services: Fundamentals and Operation, John Wiley & Sons.
Mulyadi, 2010, Membuat Aplikasi untuk Android, Yogyakarta. Multimedia Center Publishing.
Rebhan, G, 2007, The Evolution of Geocoding: Moving Away from Conflation Confliction to Best Match, http://www.directionsmag.com/printer.php?article_id=2492, diakses 12 Februari 2012.
Roger S. Pressman, 2002, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu), ANDI Yogyakarta.
Suparwoko, 2012, Pengembangan Ekonomi Kreatif Sebagai Penggerak Industri Pariwisata, http://dppm.uii.ac.id/dokumen/dikti/files/DPPM-UII_07._52-66_Pengembangan_Ekonomi_Kreatif_Sebagai Penggerak_Industri_Pariwisata.pdf, diakses 28 Oktober 2016.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.