Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pembuatan Soal Hots Menggunakan Aplikasi Canva

  • Iwan Tri Riyadi Yanto universitas Ahmad Dahlan
  • Azty Acbarrifha Nour Universitas Ahmad Dahlan
  • Sumargiyani Universitas Ahmad Dahlan
Kata Kunci: Teacher, HOTS, Canva

Abstrak

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, menuntut para guru untuk lebih pandai dalam memanfaatkan teknologi tersebut dalam kegiatan pendidikan. Selain dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, penggunaan teknologi informasi juga dapat digunakan untuk membuat soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Pada praktiknya, pemanfaatan teknologi informasi untuk pembuatan atau pengembangan soal HOTS masih belum optimal di kalangan guru. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat soal HOTS adalah Canva. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta dalam membuat soal HOTS. Pengabdian ini menggunakan metode pelatihan dan pendampingan pada seluruh guru SD Muhammadiyah Beji Kabupaten Gunung Kidul. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan dua tahap, tahap pertama dengan memberikan pelatihan tentang penggunaan aplikasi Canva dengan kecerdasan buatan. Pelatihan tahap pertama berfokus pada pemanfaatan aplikasi Canva beserta fasilitas pendukungnya berupa kecerdasan buatan. Tahap kedua yaitu dengan memberikan pelatihan pembuatan soal HOTS untuk materi pelajaran matematika. Pada Tahap kedua, guru berfokus untuk membuat soal HOTS dengan memanfaatkan aplikasi Canva yang sudah diajarkan pada pelatihan tahap pertama. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa  pemahaman tentang aplikasi Canva dan fasilitas pada aplikasi canva termasuk teknologi AI yang ada di aplikasi tersebut meningkat serta tingkat kepuasan terhadap pelatihan sebanyak 66.67 % peserta menyatakan puas dengan memberikan poin 10 pada skala 1-10.

Referensi

Ani, A. A., & Yanto, I. T. R. (2022). Mengembangkan Kreativitas Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Canva. ReTII, 1–7.
Ariyanto, R. D., Santy Andrianie, Lailatul Arofah, & Rosalia Dewi Nawantara. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Karakter Religius Menggunakan Canva Di SDN Tanon 2. Dedikasi Nusantara: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pendidikan Dasar, 1(2), 65–74. https://doi.org/10.29407/dedikasi.v1i2.16897
Haryani, I. (2018). Analisis Langkah-langkah Penyelesaian Soal Matematika Tipe HOTS Bentuk Pilihan Ganda. Jurnal Pendidikan, 2(2), 79–94. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/267884779.pdf
Isnaini, K. N., Sulistiyani, D. F., & Putri, Z. R. K. (2021). Pelatihan Desain Menggunakan Aplikasi Canva. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(1), 291. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6434
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 1–18. Retrieved from http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354
Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213.
Suryapuspitarini, B. K., Wardono, & Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill ( HOTS ) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 876–884. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393
Diterbitkan
2023-11-11