Penentuan Tarif Ideal Pengiriman Barang Berdasarkan Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan

  • Syafrianita Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Gibran Dhiyaulhaq Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Hartati M Pakpahan Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  • Lukman Abdul A Hakim Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
Kata Kunci: Tariffs, vehicle operating costs, freight forwarding

Abstrak

Keputusan penetapan tarif merupakan pilihan penting yang membantu operasionalisasi perusahaan berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan tarif ideal pengiriman barang berdasarkan perhitungan biaya operasional kendaraan dan untuk mengetahui kapan terjadinya titik impas berdasarkan tarif ideal. Perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengiriman barang bersaing memberikan pelayanan prima serta harga yang kompetitif. PT. Dapensi Dwikarya merupakan salah satu perusahaan jasa penyewaan kendaraan untuk angkutan barang maupun orang. Pengiriman barang rute Cirebon-Indramayu merupakan rute dengan angkutan terbanyak pada operasional wilayah Bandung. Hasil penelitian pada kondisi minimum charge dengan fee 10% didapatkan tarif Rp.143/Kg untuk kapasitas muatan minimum 2.000 Kg. Laba bersih yang akan diperoleh sebesar Rp. 95.537/unit/rit. Keakuratan harga jual atau jasa yang diberikan dipengaruhi oleh ketepatan penentuan tarif.

Referensi

[1] I. Ulitskaya, I. Shlippe, O. Matantseva, and Yulia Grishaeva, “Quality Management of Transport Service in the Russian Federation in the Sphere of Cargo Transportation,” Transportation research procedia, vol. 68, pp. 81–90, Jan. 2023, doi: https://doi.org/10.1016/j.trpro.2023.02.010.
[2] V. Sanchez‐Rodrigues, A. Potter, and M. M. Naim, “The impact of logistics uncertainty on sustainable transport operations,” International Journal of Physical Distribution & Logistics Management, vol. 40, no. 1/2, pp. 61–83, Feb. 2010, doi: https://doi.org/10.1108/09600031011018046.
[3] Y. Sokolov and I. Lavrov, “Economic Impact of Quality on The Change in The Volume of Freight Traffic in The Railway Transport Market,” Transport Business of Russia, no. 2, pp. 41–43, 2022, doi: https://doi.org/10.52375/20728689_2022_2_41.
[4] P. Kotler and G. Armstrong, Principles of Marketing, 8th ed. Harlow: Pearson, 2019.
[5] A. Salim, Manajemen Transportasi, Edisi Pertama, Jakarta: Rajawali Pers, 2013.
[6] F. Tijptono, Pemasaran Jasa, Yogyakarta: Bangun Media Publishing, 2014.
[7] H. Mandaku, “Analisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) Sebagai Dasar Penentuan Tarif Sewa Transportasi Barang di Provinsi Maluku,” ALE Proceeding, vol. 5, pp. 46–52, Oct. 2022, doi: https://doi.org/10.30598/ale.5.2022.46-52.
[8] A. R. Aprilliani and P. W. Nariendra, “Analisis Tarif Angkutan Berdasarkan Metode Cost Plus Pricing pada Perusahaan Jasa Angkutan Barang (Carter),” Prosiding Forum Studi Transportasi antar Perguruan Tinggi, pp. 432–432, 2021, Accessed: Oct. 20, 2023. [Online]. Available: https://ojs.fstpt.info/index.php/ProsFSTPT/article/view/808/761
[9] S. Suliawati, T. Hernawati, and S. D. Putri, “Penentuan Tarif Pengiriman Barang Berdasarkan Metode Perhitungan Biaya Operasional Kendaraan,” Prosiding Seminar Nasional Teknik UISU (SEMNASTEK), vol. 4, no. 1, pp. 160–167, Aug. 2021, Accessed: Oct. 20, 2023. [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/semnastek/article/view/4160/2991
Diterbitkan
2023-11-11