Simulasi Peredam Aktif Secara Komputasional Analisa Karakteristik Kebisingan Knalpot Sepeda Motor Sistem Kendali Kebisingan Aktif Metode Elemen Hingga
Abstrak
Simulasi  kendali  kebisingan  aktif  pada  knalpot  ini merupakan  upaya  peneliti  untuk membantu mengurangi pencemaran suara yang bersumber dari knalpot sepeda motor khususnya di daerah perkotaan  padat  penduduk.  Selain  itu, penelitian  ini bermanfaat untuk mempermudah  dan menghemat biaya, serta waktu penelitian sebelum sistem kendali kebisingan aktif dirancang. Simulasi akustik ini bertujuan untuk mengetahui kinerja sistem kendali kebisingan aktif yang dipasang pada knalpot, dan menginterpretasi kontur kebisingan di sekitar knalpot dalam penelitian ini jarak titik pengukuran terhadap sumber kebisingan  adalah 1 m terhadap masing-masing sumbu  (X, Y, Z). Penelitian ini terbagi dalam beberapa tahap, di antaranya: pertama, mengukur dimensi setiap komponen, yang terdiri dari knalpot, speaker, dan pipa paralon, selanjutnya melakukan pemodelan setiap komponen  tersebut  dengan  bantuan  komputer. Kedua, merekayasa  model  dengan mendefenisikan material bahan stiap komponen  yang sesuai dan membagi setiap komponen ke dalam bentuk yang lebih kecil, yang disebut dengan mesh. Ketiga, merekayasa parameter yang terlibat terhadap  kondisi sebenarnya,  di antaranya,  yaitu  mendefenisikan kondisi batas,  menetapkan excitation. Kemudian tahap yang terakhir adalah menentukan hasil yang diinginkan, yaitu sound pressure level (SPL). Kesimpulan dari simulasi yang telah dilakukan adalah bahwa sistem kendali kebisingan aktif ini bekerja baik pada putaran rendah, yaitu pada putaran 1000 diperoleh nilai reduksi kebisingan sebesar 2 db. Dan sebaliknya sistem kendali kebisingan aktif ini tidak bekerja pada ptaran tinggi, yaitu pada putaran 4000 tidak dapat mereduksi kebisingan. Selain itu, disimpulkan juga bahwa hasil simulasi lebih kecil sebesar 14 db atau sekitar 23% dari hasil yang diperoleh melalui pengukuran langsung secara eksperimental menggunakan alat SPL.
Â
Kata Kunci: excitation, mesh, kontur, parameter, rekayasa.
Referensi
Howard, Carl Q. dan Cazzolato, Benjamin S.
Acoustic Analyses Using MATLAB® and ANSYS®. Taylor & Francis Group. London, 2015
Crocker, Malcolm J. Handbook Of Noise And Vibration Control. John Wiley & Sons. Canada, 2007
Munjal, M. L. Acoustics of Ducts and Mufflers With Application to
Exhaust and Ventilation System Design. John Wiley & Sons, 1987
Acoustics Analysis Of Speaker. ANSYS, Inc. 2011
Ansys Mechanical APDL Acoustic Analysis Guide. ANSYS, Inc. 2013
ANSYS Mechanical APDL Theory Reference.
ANSYS, Inc. 2013
ANSYS Mechanical User's Guide. ANSYS, Inc.2013
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.