Pengaruh Waktu Mixing Terhadap Kekerasan dan Keausan Pada Campuran Serbuk Soda Lime Glass dan Serbuk Piston Bekas Sebagai Material Alternatif Kampas Rem Non Asbestos
Abstrak
Penelitian mengenai material alternatif kampas rem sepeda motor banyak dikembangkan sebagai material pengganti kampas rem asbestos karena kampas rem asbestos menghasilkan zat karsinogen yang berdampak negatif terhadap kesehatan. Penelitian ini memanfaatkan limbah soda lime glass yang berasal dari limbah kaca dan limbah piston bekas sebagai material alternatif pengganti kampas rem asbestos. Serbuk limbah soda lime glass sebagai penguat, serbuk limbah piston bekas sebagai pengisi (filler), dan phenolic resin sebagai pengikat (binder). Komposisi campuran serbuk soda lime glass, serbuk piston bekas, dan serbuk phenolic resin adalah 20% , 40%, dan 40% berdasarkan fraksi volume dengan memvariasikan waktu mixing, yaitu 30, 45, dan 60 menit. Proses kompaksi dilakukan dengan metode hot compaction single acting pada tekanan 196 bar dan temperatur 150 oC untuk menghasilkan green body dimensi diamater 30 mm dan tebal 7 mm. Green body kemudian disintering pada temperatur 150 oC selama 4 jam. Sampel selanjutnya dilakukan pengujian kekerasan dan keausan dan dibandingkan dengan nilai kekerasan dan keausan produk kampas rem komersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi campuran dengan waktu mixing 30 menit menghasilkan nilai kekerasan dan keausan yang mendekati produk kampas rem komersial yaitu sebesar 41,296 HVN dan 8,279 x 10-12 m3/m.
Â
Kata Kunci : soda lime glass, piston bekas, kampas rem non asbestos, mixing, kekerasan, keausan
Referensi
Deepika, K., Bhaskar, C., and Ramana., (2013). Fabrication and Performance Evaluation of a Composite Material for Wear Resistance Application. International Journal of Engineering Science and Innovative Technology (IJESIT), Vol 2, pp 66-71
German, R.M., (1994). Powder Metallurgy Science 2nd Edition. Metal Powder Industries Federation, Princenton, New Jersey.
Hildayati, dkk, (2009). Sintesis dan Karakterisasi Bahan Komposit Karet Alam Silika. Seminar Pascasarjana IX-ITS.
Hasry dan Kaelani, Y.,(2014). Studi Eksperimental Keausan Permukaan Material Akibat Adanya Multi-Directional Contact Friction. Jurnal Teknik Pomits, vol 1, No 1.
Kim et all., (2011). Friction and Vibration of Automotive Brake Pads Containing Different Abrasive Particles. Wear, Elsevier, pp 1194-1202.
Maleque, M.A., (2012). New Natural Fibre Reinforces Aluminium Composite for Automotive Brake Pad. International Journal of Mechanical and Materials Engineering (IJMME). Vol 7, No 2, pp 166-170.
Masturi, Abdullah. M, dan Khairurrij, (2011). High Compressive Strenght of Home Waste and Polyvinyl Acetat Composites Containing Silica Nanoparticle Filler. J Matae Cycles Waste Manag 13: 225-231.
Olakanmi, E.,O.,(2012). Effect of Mixing Time on The Bed Density, and Microstructure of Selective Laser Sintered (sls) Aluminium Powders. Journal of Material Rearch, vol 15, No 2.
Rao U., and Babji, (2015). Review Journal on Alternate Materials for Asbestos Brake Pads and Its Characterization. International
Journal of Engineering and Technology (IJET), vol 2, pp 556-562.
Solechan, (2010). Studi Pembuatan Material Piston Menggunakan Limbah Piston Bekas dan ADC 12 yang diperkuat dengan Insert ST 60 dan Besi Cor. Jurnal RETII 4. Vol 4, No 1, hal 213-219.
Wahyudi, T., (2010). Pembuatan dan Pengujian Sifat Fisis dan Mekanis Kampas Rem dengan Bahan Dasar Serbuk Al, Arang Tempurung Kelapa dengan Matriks Epoxy. Surakarta: Laporan Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.