Pengaruh Peregangan Katup Terhadap Unjuk Kerja Generator Set Tipe Et 2500 L
Abstract
Katup adalah komponen penting pada motor bakar torak empat langkah khususnya pada motor bakar bensin. Katup dipergunakan untuk mengatur jumlah pemasukkan campuran bahan bakar dan udara kedalam silinder dan membuang gas bekas keluar silinder. Mekanisme bukaan katup dilakukan dengan gerakan roker arm yang menekan batang katup yang terpisah dan mempunyai kerenggangan yang disebut sebagai kerenggangan katup.Telah dilakukan pengujian kerenggangan katup pada motor bakar bensin untuk penggerak genset 2000 Watt tipe ET 2500 L pada kerenggangan 0,2 , 0,3 , dan 0,4 mm yang bertujuan untuk memperoleh performa mesin yang optimum.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerenggangan 0,3 menghasilkan performa mesin optimum dengan torsi 5,3 Nm , putaran mesin 3000 rpm , konsumsi bahan bakar 1,2 l/h dan effisiensi 16 %.
References
ARISMUNANDAR, Wiranto, 1980, Penggerak mula motor bakar torak, ITB, Bandung
František RASCH ,2008, Valve Clearance Regard To Valve Train Noise Of Combustion Engine, Josef Božek Research Centre for Engine and Vehicle Technology II
Jefry bin dedi effendi ,2009, Valve Timing Study of a Single Cylinder Motorcycle Engine , Faculty of Mechanical Engineering Universiti Malaysia Pahang
MALEEV, Vladimir L, 1945,Internal combustion engines : Theory and design, McGraw Hill International, Tokyo.
N. Petrovsky, 1973, Marine Internal Combustion Engine, MIR, Moscow.
Songpon Klinchaeam, 2010, Condition monitoring of valve clearance fault on a small four strokes petrol engine using vibration signals, Songklanakarin Joutnal of science and thecnology ,Bangkok.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.