Pengaruh Peregangan Katup Terhadap Unjuk Kerja Generator Set Tipe Et 2500 L

  • Harianto Harianto Dosen Jurusan Teknik Mesin STTNAS Yogyakarta

Abstrak

Katup adalah komponen penting pada motor bakar torak empat langkah khususnya pada motor bakar bensin. Katup dipergunakan untuk mengatur jumlah pemasukkan campuran bahan bakar dan udara kedalam silinder dan membuang gas bekas keluar silinder. Mekanisme bukaan katup dilakukan dengan gerakan roker arm yang menekan batang katup yang terpisah dan mempunyai kerenggangan yang disebut sebagai kerenggangan katup.Telah dilakukan pengujian kerenggangan katup pada motor bakar bensin untuk penggerak genset 2000 Watt tipe ET 2500 L  pada kerenggangan 0,2 , 0,3 , dan 0,4 mm yang bertujuan untuk memperoleh performa mesin yang optimum.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerenggangan 0,3 menghasilkan performa mesin optimum dengan torsi 5,3 Nm , putaran mesin 3000 rpm , konsumsi bahan bakar  1,2 l/h dan effisiensi  16 %.

Referensi

ARISMUNANDAR, Wiranto, 1980, Penggerak mula motor bakar torak, ITB, Bandung

František RASCH ,2008, Valve Clearance Regard To Valve Train Noise Of Combustion Engine, Josef Božek Research Centre for Engine and Vehicle Technology II

Jefry bin dedi effendi ,2009, Valve Timing Study of a Single Cylinder Motorcycle Engine , Faculty of Mechanical Engineering Universiti Malaysia Pahang

MALEEV, Vladimir L, 1945,Internal combustion engines : Theory and design, McGraw Hill International, Tokyo.

N. Petrovsky, 1973, Marine Internal Combustion Engine, MIR, Moscow.

Songpon Klinchaeam, 2010, Condition monitoring of valve clearance fault on a small four strokes petrol engine using vibration signals, Songklanakarin Joutnal of science and thecnology ,Bangkok.