ANALISIS PEMBEBANAN JEMBATAN BH-1979 JALUR KERETA API BANDARA YIA
Abstrak
Yogyakarta International Airport, merupakan sebuah bandara baru yang dibangun karena Bandara Adisucipto yang melebihi kapasitas operasi. Tetapi, keberadaan bandara baru di Kulon Progo memunculkan beberapa permasalahan baru, salah satunya aksesibilitas transportasi umum. Kemudahan aksesibilitas transportasi umum terutama kereta api sangat penting, sehingga pada tahun 2020 dimulailah proyek pembangunan Jalur Kereta Api Bandara YIA. Salah satu jembatan yang dipakai pada Jalur Kereta Api Bandara YIA ini adalah jembatan WTP Double yang merupakan jembatan baja. Akan dilakukan review desain dari plate girder Jembatan BH-1979 yang merupakan jembatan WTP Double terletak pada stationing 0+175.
Metode yang dilakukan dalam penyelesaian Tugas Akhir ini dimulai dengan melakukan observasi terhadap Jembatan BH-1979, kemudian dilakukan pengambilan data dari Istaka-Catur-Mina, KSO. Selanjutnya, dilakukan perhitungan pembebanan dengan menggunakan PM Nomor 60 Tahun 2012 dan SNI 2833:2016 dan dianalisis dengan menggunakan SAP2000. Hasil analisis yang didapat yaitu, nilai Vu = 214,834 kN dan Mu = 470,472 kNm pada Stringer Beam atau Gelagar Memanjang. Kemudian nilai Vu = -596,926 kN dan Mu = 1.490,0013 kNm pada Floor Beam atau Gelagar Melintang. Yang terakhir nilai Vu = 1.559,721 kN dan Mu = 9.798,9593 kNm pada Main Girder atau Gelagar Induk.
Kata Kunci: Plate Girder, Jembatan Kereta Api, Jembatan Baja, Bandara Internasional Yogyakarta
Referensi
Alfian, I. dan I. Sulistyowati. 2018. Evaluasi Pembebanan Kereta Api Lokomotif Ganda Yang Beroperasi Di Indonesia Terhadap Rencana Muatan 1921. Universitas Trisakti.
Anonim. 2016. Pembebanan untuk Jembatan. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.
Anonim. 2016. Perencanaan Jembatan terhadap Beban Gempa. Badan Standarisasi Nasional. Jakarta.
Asri, R. 2013. Balok Pelat Berdinding Penuh (Girder Plate Beam). Fakultas Teknis UIGM. Palembang.
Biro Komunikasi dan Informasi Publik. 2019. Menhub: Pembangunan Jalur KA Ke Bandara YIA Ditargetkan Selesai Tahun 2020. URL: http://dephub.go.id/post/read/menhub-pembangunan-jalur-ka-ke-bandara-yia-ditargetkan-selesai-tahun-2020. Diakses Tanggal 24 Februari 2021.
Jaya, T. 2018. Perbandingan Jembatan Rangka Baja Kereta Api Dengan Sistem Busur Atas Dan Bawah. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.
Muspitasari, T., I. Sulistyowati, W. Kumara. 2017. Evaluasi Peraturan Pembebanan Gandar Kereta Api Di Pulau Jawa Terhadap Kondisi Aktual. Universitas Trisakti.
Pemerintah Indonesia. 2012. Peraturan Menteri Nomor 60 Tahun 2012 Tentang Persyaratan Teknis Jalur Kereta Api. Menteri Perhubungan Republik Indonesia. Jakarta.
Salmon, C.G. dan Johnson, J.E. 1997. Struktur Baja. Edisi Kedua, Penerbit Erlangga. Jakarta.
Supriyadi, B. dan A.S. Muntohar. 2007. Jembatan. Edisi Pertama, Beta Offset. Yogyakarta.
Prosiding ini memberikan akses terbuka langsung ke isinya dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara gratis untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan Open Access akan segera dan secara permanen gratis untuk dibaca dan diunduh semua orang.