Kinerja Dinamis Kendaraan Toyota Avanza Tipe G Tahun 2011

  • Ferdioan Ardiansyach Putra ITNY
  • Didit Setyo Pamuji Teknik Mesin Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Harianto ITNY
  • Abdulkadir ITNY
Kata Kunci: analisis dinamis, sistem kumudi, sistem pengereman, avanza

Abstrak

Penelitian ini betujuan untuk melakukan analisis kinerja dinamis Toyota Avanza Type G tahun 2011, yang meliputi kinerja mesin, kecepatan maksimum, waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan maksimum, kemampuan menanjak dan kinerja sistem kemudi. Analisis didasarkan atas persaman-persamaan empiris dari literatur yang ada dan spesifikasi kendaraan. Dari hasil analisis diperoleh karakteristik kinerja mesin, kecepatan maksimum yang dapat dicapai adalah 165,6  km/jam, waktu yang diperlukan untuk mencapai kecepatan maksimum 24,87 sekon, mampu menanjak pada sudut kemiringan maksimum 50,99° menggunakan gigi 1, mampu belok dengan sudut belok (δi) hingga 40° tanpa terjadi slip.

##submission.authorBiographies##

##submission.authorWithAffiliation##

Teknik Mesin FTI

##submission.authorWithAffiliation##

Teknik Mesin

##submission.authorWithAffiliation##

Teknik Mesin

Referensi

[1] Agung. W. S. (2021). Menganalisis Kinerja Dinamis Dan Sistem Kemudi Mobil Daihatsu Ayla Tipe 1.0 MT 2017,. Institut Teknologi Nasional Yogyakarta.
[2] Deajeng Prameswari, dan Yohanes. (2019). Analisa Sistem Pengereman pada Mobil Multiguna Pedesaan. Jurnal Teknik ITS Vol. 8, No. 1, Institut Teknologi Sepuluh November.
[3] Fakhri. H. N. (2016). Analisa Dan Studi Eksperimen Peforma Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Manual Dengan Toyota Agya Yang Menggunakan Transmisi Otomatis, PhD Thesis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
[4] Reza N. Jazar (2008). Vehicle Dynamics Theory and Application. Springer Science+Business Media. New York.
[5] Suminto. (2009). Analisis Kecepatan Kendaraan Mobil Colt L00 Solar Saat Menanajak 30° Dengan Beban Penuh Trayek Pekanbaru - Pasir Pengaraian, Jurnal Aptek, Politeknik Negeri Sriwijaya
Diterbitkan
2022-11-11