COMPARISON THE PERFORMANCE OF ORDINARY KRIGING AND INVERSE DISTANCE WEIGHTING METHODS FOR MAPPING NICKEL LATERITE PROPERTIES

  • Hendro Purnomo Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstract

Pemilihan metode interpolasi yang sesuai untuk memprediksi kadar bijih pada lokasi yang tidak tersampel merupakan hal yang penting untuk pemetaan sebaran anomaly kadar dan estimasi sumberdaya. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi hasil estimasi metode ordinary kriging (OK) dan inverse distance weighting (IDW) dalam pemetaan distribusi dan potensi sumberdaya nikel (Ni) dan cobalt (Co) pada zona limonit dan saprolit. Dalam penelitian ini digunakan aplikasi perangkat lunak ArcGis 10.2 dengan Geostatistical Analyst Extention untuk menganalisis data. Untuk pemilihan model variogram dan interpolasi yang terbaik digunakan nilai parameter root mean square error (RMSE) yang diperoleh dari prosedur cross validation. Fitting variogram eksperimental dilakukan dengan model spherical, exponential dan gaussian, sedangkan pemilihan model variogram terbaik dilakukan berdasarkan nilai RMSE terkecil. Pada zona limonit, metode IDW dengan power 2 mempunyai performa terbaik untuk kadar Ni dan Co, sedangkan prosedur OK menghasilkan performa terbaik untuk  ketebalan. Pada zona saprolit metode IDW dengan power 5 mempunyai performa terbaik untuk kadar Ni dan IDW power 1 menunjukkan performa terbaik pada kadar co dan ketebalan. Hasil interpolasi menunjukkan bahwa distribusi nikel dan potensi tambahan sumberdaya pada zona limonit dan saprolit masih terbuka ke arah timur laut dan barat daya daerah penelitian.

Kata Kunci: ArcGIS, cross validation, IDW, OK, RMSE



Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-25
How to Cite
[1]
H. Purnomo, “COMPARISON THE PERFORMANCE OF ORDINARY KRIGING AND INVERSE DISTANCE WEIGHTING METHODS FOR MAPPING NICKEL LATERITE PROPERTIES”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 4, no. 1, pp. 57-67, Jun. 2019.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)