PENGGUNAAN PLUM MODEL DALAM ANALISIS PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN TERHADAP ATTITUDE DAN PRAKTEK PENGOLAHAN SAMPAH BERBASIS 3R

  • Ridayati Program Studi Teknik Sipil, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, Yogyakarta
  • A. Yunastiawan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta, Yogyakarta

Abstract

Abstrak — Pengelolaan sampah rumah tangga merupakan isu penting dalam upaya menciptakan lingkungan permukiman yang berkelanjutan. Pengelolaan sampah rumah tangga memerlukan pola penanganan yang tepat. Upaya penerapan prinsip Reduce, Reuse, Recycle (3R) dalam pengelolaan sampah rumah tangga juga merupakan salah satu pendekatan yang populer di Indonesia. Kabupaten Sleman sebagai salah satu bagian dari Kawasan Perkotaan Yogyakarta (KPY) merupakan salah satu daerah yang berusaha menerapkan prinsip 3R dalam pengelolaan sampah rumah tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus untuk mengukur hubungan antara pengetahuan tentang pengelolaan sampah rumah tangga berdasarkan prinsip 3R dengan sikap dan praktik yang dilakukan oleh masyarakat dalam pengelolaan sampah berbasis 3R di Kabupaten Sleman. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 300 responden yang merupakan kepala keluarga yang tinggal di Desa Sinduadi dan Sendangadi, Mlati, Kabupaten Sleman. Dataset dari hasil pengumpulan kuisioner diolah dengan menggunakan pendekatan Polytomous universal Model (PLUM) Model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara aspek pengetahuan dengan sikap dan praktik masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3D.

Kata kunci: sampah rumah tangga, 3R, PLUM

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-11-17
How to Cite
[1]
Ridayati and A. Yunastiawan, “PENGGUNAAN PLUM MODEL DALAM ANALISIS PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN TERHADAP ATTITUDE DAN PRAKTEK PENGOLAHAN SAMPAH BERBASIS 3R”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 7, no. 2, pp. 127-132, Nov. 2022.