PENGARUH PENAMBAHAN DAN PENGGANTIAN PARSIAL SEMEN DENGAN ABU VULKANIK TERHADAP KUAT TEKAN SCC

  • RETNOWATI Setioningsih SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA

Abstract

Dalam abu vulkanik dan semen unsur kimia yang paling utama adalah silica.  Dibeberapa negara abu vulkanik sering dijadikan bahan campuran untuk membuat semen dan material beton.  Beton banyak dipakai sebagai bahan bangunan, namun dalam proses pengecoran sering mengalami kendala dikarenakan jarak tulangan yang terlalu rapat.  Salah satu perkembangan teknologi beton adalah beton Self Compacting Concrete (beton SCC).

Tulisan ini membahas pemanfaatan abu vulkanik untuk aplikasi beton SCC. Uji eksperimental dilakukan untuk mengetahui pengaruh abu vulkanik di beton SCC, yang digunakan dengan penambahan dan penggantian parsial mulai dari 0% sampai dengan 10% berdasarkan berat bahan semen. Pengujian kuat tekan dilakukan dengan menggunakan tiga spesimen silinder standar untuk setiap data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa abu vulkanik dapat memperbaiki kuat tekan beton SCC dengan metode penambahan dan penggantian semen dengan dosis optimum 5% berat semen.

Kata kunci : abu vulkanik, semen, material beton dan beton SCC

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

RETNOWATI Setioningsih, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI NASIONAL YOGYAKARTA
Teknik Sipil - Struktur
Published
2018-03-15
How to Cite
[1]
R. Setioningsih, “PENGARUH PENAMBAHAN DAN PENGGANTIAN PARSIAL SEMEN DENGAN ABU VULKANIK TERHADAP KUAT TEKAN SCC”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 2, no. 2, pp. 1-10, Mar. 2018.
Section
Articles