ANALISA PERILAKU DAYA DUKUNG FRIKSI TIANG PANCANG PADA TANAH LEMPUNG

  • Muhammad Mukhlisin Politeknik Negeri Semarang

Abstract

Pondasi pad konstruksi jembatan pada umumnya menggunakan pondasi dalam berupa tiang. Daya Dukung pondasi tiang dipengaruhi oleh parameter tanah yaitu sudut geser dalam (j) dan kohesi (c). Kedua parameter tanah ini dipengaruhi oleh kadar air yang disebabkan oleh perubahan iklim. Pada jenis tanah lempung kondisi tersebut akan mengakibatkan tanah mengalami pengembangan dan penyusutan. Kondisi ini diduga sebagai faktor utama yang mempengaruhi kegagalan struktur pondasi. Penelitian ini menjelaskan pola perilaku perubahan daya dukung friksi pondasi tiang grup akibat perubahan kadar air terhadap waktu melalui pembebanan skala laboratorium. Percobaan dilakukan menggunakan tanah lempung di kampus Politeknik Negeri Semarang, Tembalang, Semarang, Jawa Tengah. Model menggunakan tanah remolded dengan 4 buah tiang pancang Ø16 mm, yang direndam dan didiamkan pada suhu ruang dengan durasi waktu 1,3, dan 7 hari. Penelitian ini menggambarkan sebuah fenomena bahwa jenis tanah lempung yang digunakan setelah mengalami penjenuhan dan pengeringan pada suhu ruang, daya dukung friksi tiang tidak kembali seperti kondisi awal walaupun kadar air sudah sama atau lebih rendah dari kondisi awal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Muhammad Mukhlisin, Politeknik Negeri Semarang
Teknik Sipil
Published
2019-06-25
How to Cite
[1]
M. Mukhlisin, “ANALISA PERILAKU DAYA DUKUNG FRIKSI TIANG PANCANG PADA TANAH LEMPUNG”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 4, no. 1, pp. 35-41, Jun. 2019.
Section
Articles