KAJIAN HUBUNGAN DIAGENESIS DAN SIKUEN STRATIGRAFI FORMASI NANGGULAN BERDASARKAN ANALISIS PETROGRAFI BATUPASIR

  • Wahyu Sasongko Universitas Gadjah Mada

Abstract

Proses diagenesis yang terjadi pada batuan memiliki hubungan yang erat dengan konsep sikuen stratigrafi. Proses diagenesis awal (eogenesis) yang terbentuk pada suatu batuan dipengaruhi oleh posisi stratigrafi batuan tersebut dalam tataan sikuen stratigrafi. Eogenesis tersebut dapat diteliti dengan menggunakan data petrografi batupasir mengenai proses diagenesis yang terdapat pada batuan, dan juga dengan melihat posisi batuan dalam tataan sikuen stratigrafi. Formasi Nanggulan yang tersingkap di Kulon Progo, Yogyakarta merupakan salah satu formasi yang dengan beberapa interval litologi batupasir. Analisis mengenai sikuen stratigrafi Formasi Nanggulan telah diteliti sebelumnya dengan menggunakan analisis batuan inti. Studi lebih lanjut mengenai Formasi Nanggulan bertujuan untuk mengetahui karakteristik batupasir dan proses diagenesisnya, serta mencari hubungan antara proses diagenesis dan sikuen stratigrafi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan analisis petrografi dari data batuan inti dan singkapan permukaan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara diagenesis dan sikuen stratigrafi pada batupasir Formasi Nanggulan.

Berdasarkan analisis petrografi terhadap diagenesis pada Formasi Nanggulan, dapat dikonfirmasi bahwa Formasi Nanggulan terdiri dari 3 system tract yaitu lowstand system tract (LST), transgressive system tract (TST), dan highstand system tract (HST). Tahapan proses diagenesis yaitu eogenesis, mesogenesis dan telogenesis telah mempengaruhi Formasi Nanggulan. Karakteristik diagenesis pada Formasi Nanggulan bervariasi sesuai dengan system tract dan marker batas sikuen pada tataan sikuen stratigrafi. Berdasaran penelitian ini dapat diketahui bahwa sikuen stratigrafi Formasi Nanggulan dapat dikonfirmasi dengan data diagenesis.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Wahyu Sasongko, Universitas Gadjah Mada
Teknik Geologi
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
W. Sasongko, “KAJIAN HUBUNGAN DIAGENESIS DAN SIKUEN STRATIGRAFI FORMASI NANGGULAN BERDASARKAN ANALISIS PETROGRAFI BATUPASIR”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 3, no. 1, pp. 71-82, May 2018.
Section
Articles