ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN WATES – PURWOREJO KABUPATEN KULON PROGO

  • Veronica Diana Anis Anggorowati

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan indikator utama tingkat keselamatan jalan raya. Di negara maju masalah keselamatan jalan sangat diperhatikan untuk mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan jumlah korban kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Hal ini menjadi indikator terhadap pentingnya memahami karakteristik kecelakaan. Pada penelitian ini dibahas masalah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas Jalan Wates – Purworejo Kabupaten Kulon Progo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui lokasi rawan kecelakaan (black spot) di ruas Jalan Wates – Purworejo Kabupaten Kulon Progo, menganalisa faktor – faktor penyebab kecelakaan. Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan antara lain metode tingkat kecelakaan. Metode yang digunakan untuk mengetahui hubungan faktor – faktor penyebab kecelakaan adalah menggunakan analisis statistik (uji chi – square)

Metode yang digunakan untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan antara lain metode tingkat kecelakaan. Daerah / lokasi rawan kecelakaan (black spot) adalah suatu lokasi dimana tingkat kecelakaan tinggi dengan kejadian kecelakaan berulang dalam suatu ruang dan rentang waktu yang relatif sama yang diakibatkan oleh suatu penyebab tertentu. Data yang digunakan adalah data jumlah kecelakaan yang terjadi di ruas Jalan Wates – Purworejo Kabupaten Kulon Progo yang terjadi pada Bulan Januari hingga Bulan Desember tahun 2015 yang dikelompokkan berdasarkan karateristik.

Gambaran komposisi karakteristik kecelakaan adalah sebagai berikut : Hari Sabtu sebanyak 9 kecelakaan dengan persentase 21,95%. Waktu Terang (06.00-18.00) sebanyak 25 kecelakaan dengan persentase 39,02%. Tabrakan sisi (samping) sebanyak 20 kecelakaan dengan persentase 48,78%. Sepeda Motor sebanyak 57 unit dengan persentase 69,51%. Luka Ringan (LR) sebanyak 115 orang dengan persentase 94,26%. Jenis kelamin laki-laki sebanyak 90 orang dengan persentase 73,77%. Usia diatas 46 tahun sebanyak 30 orang dengan persentase 24,59%. Jenis pekerjaan pegawai swasta/karyawan sebanyak 55 orang dengan persentase 45,08%. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat 3 titik lokasi rawan kecelakaan (black spot) di segmen ruas Jalan Wates – Purworejo Kabupaten Kulon Progo yaitu Sta 0 – 1, Sta 1 – 2, Sta 10 – 11. Dan dari hasil uji chi – square terlihat adanya hubungan antara faktor usia, cuaca, jenis pekerjaan dan jenis kelamin dengan jumlah kecelakaan yang terjadi.

 

Kata Kunci : karateristik kecelakaan, Black Spot, uji Chi – Square

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-05-01
How to Cite
[1]
V. D. A. Anggorowati, “ANALISIS FAKTOR PENYEBAB TERJADINYA KECELAKAAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN WATES – PURWOREJO KABUPATEN KULON PROGO”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 5, no. 1, pp. 123-132, May 2020.
Section
Articles