ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN GROUND PROFILES Vs DI KECAMATAN PRAMBANAN DAN KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN

  • nugroho budi wibowo BMKG - Stasiun Geofisika Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan nilai kecepatan gelombang geser dari pemodelan ground profiles menggunakan metode ellipticity curve, dan untuk menentukan struktur bawah permukaan. Akuisisi data mikrotremor dilakukan sebanyak 30 titik. Sinyal mikrotremor dianalisis menggunakan metode HVSR sehingga diperoleh data frekuensi predominan dan faktor amplifikasi yang disajikan dalam bentuk kurva H/V. Ground profile Vs diperoleh menggunakan metode ellipticity curve dengan input kurva H/V, Vs, Vp, density dan poisson ratio. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur bawah permukaan di daerah penelitian terbagi menjadi tiga zona yang diklasifikasikan berdasarkan formasi pada lokasi penelitian, yaitu  zona I (Formasi Merapi Muda), zona II (Formasi Kebobutak)  dan zona III (Formasi Semilir). Nilai Vs pada zona I  bervariasi antara 50,15 m/s - 1657 m/s. Pada zona II nilai Vs bervariasi antara 50,75 m/s - 1555,08 m/s. Zona III memiliki nilai Vs bervariasi antara 52,09 m/s - 1744,5 m/s. Struktur bawah permukaan daerah penelitian didominasi oleh abu dan tuff yang tebal pada zona Formasi Merapi Muda. Konglomerat dan aglomerat pada zona Formasi Kebobutak. Lempung, dasit dan andesit pada zona Formasi Semilir. Analisa Struktur bawah permukaan memperlihatkan bahwa Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Gantiwarno adalah wilayah yang mempunyai resiko bahaya seismik yang tinggi dikarenakan didominasi oleh material lunak.

Kata kunci: ellipticity curve, ground profiles, kecepatan gelombang geser, struktur bawah permukaan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

nugroho budi wibowo, BMKG - Stasiun Geofisika Yogyakarta
Pusat Gempa Regional VII, Stasiun Geofisika Yogyakarta
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
nugroho budi wibowo, “ANALISIS STRUKTUR BAWAH PERMUKAAN BERDASARKAN GROUND PROFILES Vs DI KECAMATAN PRAMBANAN DAN KECAMATAN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 3, no. 1, pp. 83-90, May 2018.
Section
Articles