RANCANGAN DATA WAREHOUSE PADA SEKOLAH TINGGI TEKNIK POLIPROFESI MEDAN

  • siti Jamilah Tarigan Magister Teknik Informatika Universitas STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Wing Wahyu Winarno Magister Teknik Informatika Universitas STMIK AMIKOM Yogyakarta
  • Henderi Safei Magister Teknik Informatika Universitas STMIK AMIKOM Yogyakarta

Abstract

Pengambilan keputusan dan perencanaan bidang akademik sering kali tidak berdasarkan pada informasi yang lengkap. Jajaran pengambil keputusan (rektorat atau tingkat eksekutif) hanya bisa melihat sebuah data dalam satu dimensi. Pengambil keputusan akan lebih baik jika informasi dapat disajikan dari berbagai dimensi. Perguruan tinggi telah memiliki data operasional yang lengkap dari kegiatan akademik, kepegawaian, dan penerimaan mahasiswa yang telah dikumpulkan lebih dari 4 tahun.

Data warehouse adalah suatu koleksi optimasi database untuk mendukung keputusan. Konsep ini mengintegrasikan antara sistem lama dan sistem baru sehingga tidak terjadi duplikasi data. Data yang telah diintegrasikan dapat diolah dalam berbagai bentuk laporan sesuai dengan kebutuhan.

Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana data yang ada bisa menghasilkan informasi yang akurat dan multidimensi sehingga pengambilan keputusan lebih cepat dan akurat. Penelitian ini menggunakan analisis data OLAP, dan skema bintang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah rancangan yang dihasilkan bisa membantu pihak akademik dalam membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang mulitidimensi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
siti J. Tarigan, W. W. Winarno, and H. Safei, “RANCANGAN DATA WAREHOUSE PADA SEKOLAH TINGGI TEKNIK POLIPROFESI MEDAN”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 3, no. 1, pp. 63-69, May 2018.
Section
Articles