PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PT. HADJI KALLA CABANG PALOPO SULAWESI SELATAN

  • Fitrah Eka Susilawati Mahasiswa Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Ema Utami Mahasiswa Magister Teknik Informatika, Program Pasca Sarjana, Universitas AMIKOM Yogyakarta
  • Armadyah Amborowati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan enterprise arsitektur ke dalam kerangka Zachman. Pemodelan enterprise arsitektur pada PT. Hadji Kalla Cabang Palopo diawali dengan pendefinisian fungsi bisnis utama organisasi dengan menggunakan rantai nilai Value Chain yang menghasilkan sembilan area fungsional bisnis yang dibedakan atas lima fungsional bisnis utama (Primary activities) yang meliputi Manajemen customer, Manajemen Inventory, Manajemen Penjualan Kendaraan, Manajemen Penjualan Spare Part, Manajemen Servis, dan empat fungsional bisnis pendukung (Support activities) yang meliputi Manajemen Keuangan, Intenet Promotion, Manajemen administrasi karyawan, Manajemen surat kendaraan, dan Manajemen Aset. Sembilan area fungsional bisnis ini yang akan menjadi kandidat sistem informasi.

Hasil dari perencanaan arsitektur enterprise berupa suatu blueprint (cetak biru) untuk arsitektur data, aplikasi dan teknologi pada PT. Hadji Kalla Cabang Palopo. Kandidat aplikasi yang di analisis ke dalam Mc.Farlan Strategic Grid dihasilkan Sistem Informasi Penjualan Kendaraan, Sistem Informasi Penjualan Spare Part dan Sistem Informasi Servis yang menjadi prioritas utama pengembangan yang kemudian perancangannya di analisis ke dalam sel-sel kerangka Zachman yaitu 3 baris perspektif dan 6 kolom abstraksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-05-02
How to Cite
[1]
F. E. Susilawati, E. Utami, and A. Amborowati, “PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PT. HADJI KALLA CABANG PALOPO SULAWESI SELATAN”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 3, no. 1, pp. 53-62, May 2018.
Section
Articles