PEMODELAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA PT. HADJI KALLA CABANG PALOPO SULAWESI SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memodelkan enterprise arsitektur ke dalam kerangka Zachman. Pemodelan enterprise arsitektur pada PT. Hadji Kalla Cabang Palopo diawali dengan pendefinisian fungsi bisnis utama organisasi dengan menggunakan rantai nilai Value Chain yang menghasilkan sembilan area fungsional bisnis yang dibedakan atas lima fungsional bisnis utama (Primary activities) yang meliputi Manajemen customer, Manajemen Inventory, Manajemen Penjualan Kendaraan, Manajemen Penjualan Spare Part, Manajemen Servis, dan empat fungsional bisnis pendukung (Support activities) yang meliputi Manajemen Keuangan, Intenet Promotion, Manajemen administrasi karyawan, Manajemen surat kendaraan, dan Manajemen Aset. Sembilan area fungsional bisnis ini yang akan menjadi kandidat sistem informasi.
Hasil dari perencanaan arsitektur enterprise berupa suatu blueprint (cetak biru) untuk arsitektur data, aplikasi dan teknologi pada PT. Hadji Kalla Cabang Palopo. Kandidat aplikasi yang di analisis ke dalam Mc.Farlan Strategic Grid dihasilkan Sistem Informasi Penjualan Kendaraan, Sistem Informasi Penjualan Spare Part dan Sistem Informasi Servis yang menjadi prioritas utama pengembangan yang kemudian perancangannya di analisis ke dalam sel-sel kerangka Zachman yaitu 3 baris perspektif dan 6 kolom abstraksi.
Downloads
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download. We are continuously working with our author communities to select the best choice of license options, currently being defined for this journal as follows:
• Creative Commons Attribution-ShareAlike (CC BY-SA)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.