Peningkatan Kapasitas Penampang Balok Beton Bertulangan Bambu Wulung Tanpa Pilinan

  • sely novita sari jurusan teknik sipil sekolah tinggi teknologi nasional Yogyakarta

Abstract

Mengatasi masalah mahal dan terbatasnya sumber daya baja tulangan, sebagai alternatif dicoba pemakaian tulangan bambu yang murah dan berkekuatan tinggi, namun realisasinya tidaklah mudah karena bambu memiliki kelemahan pada sifat higroskopis (kembang susut) yang tinggi, sifat ini berdampak pada daya lekat bambu yang menurun. Namun masalah higroskopis ini dapat diatasi dengan pemberian vernis, sehingga kembang susutnya akan berkurang bahkan dapat hilang. Penelitian ini menggunakan bambu wulung tanpa pilinan sebagai tulangan balok beton. Pengujian dilakukan dengan metode pembebanan dua titik, retak yang diharapkan pada pengujian ini adalah retak lentur. Tulangan dibuat dari 2 bilah bambu yang sama dengan bagian daging bambu saling berhimpit dan bagian kulit di sisi luar, kemudian diikat menggunakan kawat bendrat untuk mencegah tulangan bergeser atau rusak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kontribusi tulangan bambu rata-rata antara momen retak awal (eksperimen) dengan momen perhitungan (teoritis) sebesar 17.04 %. Disimpulkan bahwa bambu memiliki peluang untuk digunakan sebagai tulangan, khususnya untuk struktur beton sederhana.

 

 

Kata kunci: Bambu, beton bertulang, kuat lentur, balok, struktur

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

sely novita sari, jurusan teknik sipil sekolah tinggi teknologi nasional Yogyakarta
A. Biodata                          1Nama LengkapSely Novita Sari ST.,MT        2Jenis KelaminPerempuan         3Jabaan Fungsional-         4NIP/NIK/Identitas lainnya1973 0265         5NIDN502118901         6Tempat dan Tanggal LahirLangsa, 23 November 1989       7E-mailselynovita23@gmail.com       8Nomor Telepon/HP81392908114         9Alamat KantorJl. Babarsari, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta     10Nomor Telepon/Faks(0274) 485390, Fax 0274-485619       11Lulusan yang telah dihasilkanS-1= 0 orang, S-2= 0 orang, S-3= 0 orang      12Mata kuliah yang diampu1. Analisis Strukur II          2. Analisis Struktur III        3. Analisis Struktur IV        4. Ekonomi Teknik        5. Matematika Teknik I        6. Kewirausahaan                                    B. Riwayat Pendidikan                          S-1S-2S-3Nama Perguruan TinggiUnivesitas Islam IndonesiaUnivesitas Islam Indonesia Bidang IlmuTeknik SipilTeknik Sipil Tahun Masuk-Lulus2007-20112011-2013 Judul Skripsi/TesisPeningkatan Kinerja Simpang Bersinyal Jalan Seturan-Jalan Lingkar UtaraEvaluasi Manual Pemeliharaan Gedung Sekolah (Studi Kasus Untuk Daerah Rawan Gempa) Nama Pembimbing/PromotorIr. H. Corry Ya'cub.,MTDosen Pembimbing I: Fitri Nugraheni.,ST.,MT.,Ph.D   Dosen Pembimbing II: Dr. Ir. Ruzardi .,MS               C. Pengalaman Penelitian Dalam 5 Tahun                        No TahunJudul PenelitianPendanaan   SumberJumlah (Juta Rp)                                          D. Pengalaman Pengabdian Kepada Masyarakat  Dalam 5 Tahun Terakhir       No TahunJudul Pengabdian Kepada MasyarakatPendanaan   SumberJumlah (Juta Rp)                    E. Publikasi Artikel Ilmiah dalam 5 tahun terakhir         No.TahunJudul Artikel IlmiahVolume/nomornama jurnal                   F. Publikasi Seminar Ilmiah (oral Presentation) dalam 5 tahun terakhir       NoNama Pertemuan Ilmiah/SeminarJudul Artikel IlmiahWaktu dan Tempat                  G. Karya Buku dalam 5 tahun Terakhir          No. Judul BukuTahunJumlah HalamanPenerbit                   H. Perolehan HKI dalam 5-10 Tahun Terakhir         No.Judul/Tema HKITahun JenisPnomor P/ID                   I. Pengalaman merumuskan kebijakan publik/Rekayasa Sosial lainnya dalam 5 tahun terakhir     NoJudul/ tema/ jenis rekayasa sosial lainnya yang telah diterapkanTahunTempat penerapan Respon Masyarakat                    J. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi, atau institusi lainnya)     NoJudul/ tema/ jenis rekayasa sosial lainnya yang telah diterapkanTahunTempat penerapanRespon Masyarakat                   
Published
2017-05-23
How to Cite
[1]
sely novita sari, “Peningkatan Kapasitas Penampang Balok Beton Bertulangan Bambu Wulung Tanpa Pilinan”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 1, no. 2, pp. 1-6, May 2017.
Section
Articles