PERKEMBANGAN RUANG ISLAMI KAMPUS SEBAGAI BENTUK SPASIALISASI NILAI ISLAM DALAM LINGKUP CIVITAS AKADEMIKA STTNAS YOGYAKARTA

  • Ogi Dani Sakarov STTNAS Yogyakarta

Abstract

Perkembangan ruang Islami dipengaruhi oleh perkembangan aktivitas islami dalam suatu daerah atau wilayah. Semakin berkembang aktivitas islami maka akan semakin besar kebutuhan ruang yang muncul. Dalam konteks ruang Islami kampus, perkembangan ruang aktivitas islami, tergantung pada seberapa besar civitas akademika mengembangkan aktivitas keislaman kampus, walaupun pada dasarnya ruang Islami ini merupakan kebutuhan yang belum tentu dengan sengaja disediakan atau dikembangkan. Oleh sebab itu, penelitian ini mencoba untuk mengidentifikasi keberadaan ruang aktivitas islami kampus dan perkembanganya, sebagai bentuk spasialisasi nilai Islam dalam lingkup civitas akademika.

Penelitian ini mengambil lokus di lingkungan kampus STTNAS Yogyakarta, dengan fokus pada ruang-ruang aktivitas Islami, baik ruang khusus peruntukan islami ataupun ruang-ruang yang diisi oleh aktivitas Islami kampus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Induktif kualitatif dengan pendekatan pada fenomena-fenomena terbentuknya ruang Islami dalam lingkup kampus.

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan ruang Islami Kampus dimulai dari aktivitas-aktivitas keislaman seperrti shalat dan ibadah rutin harian dan pada tahap selanjutnya terus berkembang menjadi aktivitas yang lebih umum dan incidental seperti kajian atau pembinaan keislaman dan berbagai agenda peringatan hari besar Islam. Semua aktivitas keislaman ini didasari oleh nilai Islam yang dipegang oleh setiap civitas akademika muslim dimana setiap aktivitas keislaman membutuhkan ruang sebagai wadah aktivitasnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ogi Dani Sakarov, STTNAS Yogyakarta
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota STTNAS Yogyakarta
Published
2018-03-15
How to Cite
[1]
O. D. Sakarov, “PERKEMBANGAN RUANG ISLAMI KAMPUS SEBAGAI BENTUK SPASIALISASI NILAI ISLAM DALAM LINGKUP CIVITAS AKADEMIKA STTNAS YOGYAKARTA”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 2, no. 2, pp. 77-85, Mar. 2018.
Section
Articles