IDENTIFIKASI POTENSI PERKEMBANGAN EKONOMI WILAYAH KABUPATEN SLEMAN DALAM KONTEKS URBAN-RURAL LINKAGE

  • Ogi Dani Sakarov STTNAS Yogyakarta

Abstract

Polarisasi desa-kota telah menjadi fenomena kewilayahan hampir di semua negara berkembang di seluruh dunia. Hal ini disebabkan oleh ekspansi perkembangan aktivitas kota baik spasial maupun non spasial dimana dalam proses perkembangannya selalu melibatkan wilayah sekitar. Yang menjadi permasalahan adalah sering munculnya back-wash effect, dimana peran kota atas desa dalam proses perkembangan ini sering kali menjadikan desa sebagai penyangga dan pemasok sumber daya pertumbuhan kota, sehingga kota lebih berperan sebagai parasit yang mengekploitasi sumberdaya desa untuk stimulan pertumbuhannya. Penelitian ini mengidentifikasi kecenderungan perkembangan ekonomi wilayah Kabupaten Sleman sehingga dapat teridentifikasi potensi perkembangannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif, dan metode deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan teknik analisis sector basis (location quotient) dan shift share.

Dari hasil analisis sektor basis dapat dilihat bahwa sektor-sektor yang merupakan ciri khas sektor ekonomi perdesaan sebagian besar bukan merupakan sektor basis, seperti pertanian, perkebunan, perikanan, pertambangan dan penggalian, perdagangan besar dan eceran. Sedangkan, sektor yang menjadi basis aktivitas ekonomi wilayah cenderung menunjang proses urbanisasi, seperti real estat, konstruksi, industry dan lain-lain. Begitu juga yang diperlihatkan oleh hasil analisis kinerja ekonomi wilayah melalui analisis shift-share, bahwa sector-sektor khas masyarakat perdesaan memiliki ritme pertumbuhan yang lambat dan tidak memiliki daya saing.

 

Kata kunci: potensi ekonomi, hubungan desa-kota, sektor basis, kinerja ekonomi wilayah

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ogi Dani Sakarov, STTNAS Yogyakarta
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota STTNAS Yogyakarta
Published
2018-01-15
How to Cite
[1]
O. D. Sakarov, “IDENTIFIKASI POTENSI PERKEMBANGAN EKONOMI WILAYAH KABUPATEN SLEMAN DALAM KONTEKS URBAN-RURAL LINKAGE”, Journal Technology of Civil, Electrical, Mechanical, Geology, Mining, and Urban Design, vol. 2, no. 1, pp. 73-84, Jan. 2018.
Section
Articles