EFFECT OF AIR FLOW RATE ON AIR-LIFT- PUMP

  • Amat Agus Salim Department of Mechanical Engineering, Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Edi Susanto Department of Mechanical Engineering, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Daru Sugati Department of Mechanical Engineering, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta
  • Harianto Department of Mechanical Engineering, Institut Teknologi Nasional Yogyakarta

Abstrak

Air-lift-pump merupakan suatu rangkaian alat yang digunakan untuk memindahkan air dan air campuran (berlumpur) dari suatu tempat ke titik yang lain. Sistem kerja air-lift-pump melalui media pipa dengan cara menginjeksi udara pada saluran bawah pipa yang terendam. Tekanan udara dari aerator akan mendorong air bergerak ke atas menuju arah yang sama melewati pipa. Cairan kental atau lumpur dapat dinaikan menggunakan air-lift-pump. Gaya apung dari udara dapat menyebapkan berat hidrostatik cairan menjadi lebih kecil karena udara yang digunakan pada air-lift-pump di injeksikan pada bawah pipa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mevariasikan rasio debit udara dan menggunakan injektor udara yang terletak di dinding pipa. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pengaruh variasi rasio debit injeksi terhadap kinerja pompa untuk ukuran diameter lubang injektor dan menemukan efisiensi terbaik dari setiap variasi yang dilakukan. Pengujian dilakukan dengan 3 pipa injector yang berbeda yaitu 0,80 mm, 0,54 mm, 0,31 mm. Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi rasio debit udara sangat berpengaruh terhadap efisiensi dan laju aliran air. Efisiensi terbaik terjadi pada injector dengan diameter 0,8 mm sebesar 4,1 % dan efisiensi terendah terjadi pada injector dengan diameter 0,31 mm sebesar 1,3%. Variasi debit udara dengan nilai yang semakin besar maka nilai efisiensinya akan menurun. Pada laju aliran air juga mengalami perubahan karena semakin besar debit udara yang diberikan maka nilai laju aliran air juga akan semakin besar.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2022-12-29